Amerika Mulai Keliling Asia, Kampanye Bahaya China

TOKYO, HOLOPIS.COM – Amerika Serikat mewanti-wanti ancaman China di Indo-Pasifik. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin di Jepang dalam rangka tur Asia.
Amerika dan Jepang sama-sama mengkhawatirkan aktivitas China di kawasan Indo-Pasifik. Mereka menilai China semakin agresif melakukan ekspansi di kawasan tersebut, apalagi China kerap mengklaim wilayah milik negara lain sebagai wilayah teritorinya.
“Perilaku China yang inkonsisten dengan hukum internasional, menghadirkan ancaman politik, ekonomi, militer, dan teknologi. Kami berkomitmen untuk melawan perilaku-perilaku (Cina) yang koersif dan menimbulkan ketidakstabilan regional,” bunyi pernyataan bersama Amerika dan Jepang.
AS dan Jepang juga sepakat akan membalas China, jika negeri Tirai Bambu itu ‘macam-macam’ di kawasan Indo-Pasifik.
Beberapa tahun terakhir, Cina memang aktif mengklaim berbagai hal di kawasan Indo-Pasifik. Di Asia Tenggara, misalnya, Cina mengklaim Laut Cina Selatan (Nine Dash Line) sebagai wilayahnya dan melarang negara lain yang beraktivitas di sana secara bebas.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Kondisi Terkini PM Slovakia Setelah Ditembak Beberapa Kali

Perdana Menteri Slovakia Robert Fiico tiba-tiba ditembak sebanyak 5 kali ketika ia baru saja selesai melakukan pertemuan di hadapan umum.

Hari Peringatan Al-Nakba, Sejarah Pilu Warga Palestina Diusir dari Tanah Mereka

Masyarakat Palestina saat ini tengah memperingati 76 tahun Al Nakba, pada tanggal 15 Mei 2024. Sebuah tragedi besar yang mengakibatkan pengusiran dan pembersihan etnis massal terhadap penduduk Palestina dari tanah air mereka.

Dubes Klaim Israel Perlahan Usir Warga Palestina dari Tanah Kelahiran

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun menanggapi klaim pejabat Israel yang meminta warga Palestina untuk mengevakuasi diri dari Rafah, seiring dengan rencana militer Israel yang akan melakukan serangan lanjutan ke Rafah.

Dubes Palestina Tak Heran Joe Biden Sebut Pembunuhan Warga Palestina bukan Genosida

Duta Besar (Dubes Palestina) Zuhair Al-Shun menilai bahwa wajar saja Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa pembunuhan yang terjadi di Palestina karena pasukan militer Israel bukanlah termasuk genosida.

Prabowo Subianto Berharap Kerja Sama Pertahanan dengan UEA Semakin Ditingkatkan

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menawarkan Presiden UEA (Uni Emirat Arab) Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ untuk terus meningkatkan kerja sama antar kedua negara.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...