JAKARTA, HOLOPIS.COM Bencana angin kencang merusak puluhan rumah warga yang ada di Cilacap, Jawa Tengah dan Malang, Jawa Timur.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, hujan lebat yang disertai angin kencang berlangsung pada Kamis (3/2).

“Insiden dirasakan warga Desa Wanareja, Kecamatan Wanareja, dimana sejumlah rumah mengalami kerusakan. BPBD setempat tidak merinci tingkat kerusakan 24 rumah warga akibat angin kencang tersebut,” kata Abdul, Jumat (4/2).

Angin Kencang Cilacap dan Malang
Angin kencang yang merusakkan rumah di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Kamis (3/2). Gambar: Ist.

Selain rumah rusak, fasilitas pendidikan berupa madrasah berjumlah 1 unit juga terdampak peristiwa ini. Beruntung tidak ada laporan korban luka-luka atau pun mereka yang mengungsi pascakejadian.

Sementara itu, kejadian yang sama juga menerjang dua desa di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Dijelaskan Abdul, wilayah yang paling terdampak ada di Desa Tirto Arum dan Banjar Arum yang warganya merasakan angin kencang bersamaan dengan hujan lebat.

Tercatat 33 KK terdampak yang rumahnya terdampak kejadian tersebut. Total rumah rusak sebanyak 30 unit dengan rincian rumah rusak ringan 21 unit dan rusak sedang 9 unit,” terangnya.

Sedangkan pada fasilitas pendidikan, terdapat 3 unit yang terdampak. Peristiwa ini kemudian juga tidak mengakibatkan adanya korban luka atau pun pengungsian.