Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

BNPT: Ada Kesamaan Aksi Bom Bunuh Diri Makassar dan Surabaya

JAKARTA,HOLOPIS.COM- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar melihat ada kesamaan dalam aksi bom bunuh diri yang terjadi di Gereja Katedral, Makassar tadi pagi, Minggu (28/3) dan di Surabaya pada 2018 silam. Kesamaan ini menurutnya terutama dari cara pelaku melakukan aksi.
“Setidak-tidaknya cara berpikir pelaku dan sikap pelaku memiliki semacam kemiripan. Pelaku bisa memiliki kesamaan pemahaman dalam hal ideologi,” ujarnya, dikutip dari wawancara dengan CNN TV, Minggu (28/3).
Menurutnya, aksi terjadinya bom bunuh diri ini sama halnya dengan kejahatan lainnya yang tidak bisa diprediksi dan tidak mudah dideteksi. Sebab, para pelaku menurutnya akan mencari kesempatan yang tidak diduga dalam melakukan aksi.
Bahkan, imbuhnya, yang menjadi sasaran pelaku tidak hanya masyarakat biasa, tapi juga bisa aparat kepolisian yang sedang bertugas. Oleh sebab itu, kejahatan yang terjadi, termasuk bom bunuh diri adalah tindakan yang tidak diduga dan bisa terjadi tanpa terdeteksi.
“Kita tidak menutup kemungkinan mengenai fakta bahkan aparat keamanan, termasuk polisi, yang sedang bertugas pun menjadi target. Ini sebuah kejahatan extra ordinary,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru