JAKARTA, HOLOPIS.COM Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan bahwa jaringan telekomunikasi di beberapa wilayah yang terdampak gempa M 7.4 tidak mengalami gangguan.

Juru bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi mengungkapkan, dari hasil monitoring yang dilakukan di beberapa lokasi terdampak, sinyal telekomunikasi relatif aman.

“Sesuai laporan yang diterima oleh Kementerian Kominfo dari operator seluler, tidak ada infrastruktur telekomunikasi yang terdampak akibat gempa yang terjadi,” kata Dedy, Rabu (15/12).

Dedy menjelaskan,operator yang menyediakan layanan jaringan telekomunikasi di daerah terdampak gempa antara lain meliputi Telkomsel, Indosat, XL Axiata dan Telkom.

“Keseluruhan jaringan para operator seluler masih menunjukkan status aman dan tidak ada site Base Transceiver Station (BTS) yang down/off,” terangnya.

Diketahui sebelumnya gempa sekuat M 7.4 dirasakan dan berdampak di tiga provinsi yang meliputi Provinsi Nusa Tenggara Timur seperti di Kabupaten, Flores Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Buton, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Sabu Raijua, Kota Bau Bau dan Kabupaten Manggarai Barat.

Kemudian Kota Makassar dan Kabupaten Selayar di Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Muna di Sulawesi Tenggara.