HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa persiapan pembentukan Angkatan Siber saat ini masih terus memasuki tahap finalisasi.

Hadi bahkan memastikan, pembentukan Angkatan Siber itu bakal direalisasikan oleh Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih 2024-2029.

“Pak Presiden sudah memerintahkan untuk membentuk matra keempat termasuk Presiden terpilih concern dengan matra angkatan keempat,” kata Hadi Tjahjanto dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Senin (23/9).

Mantan Panglima TNI itu kemudian juga mengamini keberadaan matra keempat ini diperlukan untuk menghadapi serangan siber dari luar negeri.

“Dalam pertempuran modern saat ini center of gravity kita adalah perang siber karena perang siber memerlukan bagaimana kita menghadapi perang proxy, proxy war, perang asimetris, kemudian perang propaganda,” jelasnya.

Dengan adanya keberadaan Angkatan Siber, Hadi menyebut mereka akan berfokus kepada penggunaan otak semata dan bukan kepada kemampuan fisik.

“Dan kalau saya sampaikan angkatan keempat, matra siber ini adalah perang pikiran. Bagaimana kita bisa mempengaruhi bahwa peperangan ini bisa kita menangkan,” ujarnya.

“Diperlukan satu unit yang tiap hari melakukan patroli, kemudian melakukan rangkaian mitigasi,” tambahnya.