Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bakat Angkat Besi Rizky Juniansyah Ternyata Turunan Sang Ayah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia kembali bersorak sorai setelah atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah berhasil meraih medali emas cabang olahraga angkat besi nomor 73kg putra pada Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena 6, Jumat (9/8).

Dari medali emas ini, nama Indonesia masuk ke peringkat 28 di klasemen sementara terhitung pada tanggal 9 Agustus 2024.

Rizki meraih kemenangan usai berhasil mencatat total angkatan 354 kg dengan perincian 155 kg angkatan snatch dan 199 kg angkatan clean and jerk. Ia pun tak lupa mengucapkan rasa syukurnya dan berterima kasih atas dukungan rakyat Indonesia yang menemani perjuangannya hingga bisa mendapatkan medali emas.

“Terima kasih untuk semua rakyat Indonesia atas dukungannya, untuk semua yang menyaksikan dari rumah,” ujar Rizki usai berlomba di Paris seperti dikutip oleh Holopis.com

Tak hanya medali emas yang ia raih, ternyata angkatan clean and jerk 199 kg milik Rizki menjadi rekor baru di olimpiade. Angkatan Rizki memecahkan rekor angkatan clean and jerk di olimpiade yang sebelumnya dipegang lifter China Shi Zhiyong dengan angkatan clean and jerk 198 kg di Olimpiade Tokyo 2020.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya pun kembali berkumandang di Olimpiade Paris 2024 setelah atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo lebih dulu meraih medali emas, Kamis (8/8) kemarin.

Bakat kekuatan dan semangat Rizki ternyata tak jauh dari sang ayah yang ternyata merupakan mantan atlet angkat besi Indonesia, Muhammad Yasin yang pernah tiga kali tampil di SEA Games pada era 1983 hingga 1993.

Sekedar untuk diketahui, Rizki memastikan tiket ke Olimpiade Paris 2024 setelah menjadi juara pada ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand, pada 4 April 2024.

Dalam ajang bergengsi tersebut, Rizki sukses mencatatkan total angkatan 365 kg dengan perincian 164 kg di angkatan snatch dan 201 kg saat clean & jerk. Berat beban 201 kg pada saat clean and jerk bahkan membuat Rizki memecahkan rekor dunia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru