JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Joko Widodo hari ini terbang ke Kabupaten Gresik. Dalam kunjungan kerjanya itu, Presiden akan melakukan groundbreaking pembangunan pusat pengolahan hasil tambang PT Freeport.

“Pagi ini saya ke Jawa Timur untuk satu agenda saja yaitu melakukan groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus Gresik,” kata Presiden Jokowi, Selasa (12/10).

Dalam perjalanan itu, Presiden ditemani oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Joko Widodo bertolak ke Gresik melalui Landasan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Kepala Negara itu tiba di Halim pada pukul 08.00 WIB dan langsung menaiki Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Kemudian, Presiden Jokowi landing di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo dan melanjutkan perjalanan darat menuju Kabupaten Gresik. Romongan Presiden ini pun langsung disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa.

jokowi dan khofifah
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo.

Sementara itu, Vice Presiden Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Riza Pratama sebelumnya menyebut, pembangunan smelter diperkirakan menelan dana USD3 miliar.

Lokasi smelter di Gresik, menurut Riza, karena di wilayah tersebut dinilai sangat cocok sebab ada pabrik semen yang dapat memanfaatkan hasil pengolahan asam sulfat, perak dan gipsum.

“Ya kenapa smelter Freeport dibangun di Gresik, salah satunya bisa dimanfaatkan pabrik semen untuk mengelola asam sulfat paling dominan,” kata Riza.