Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Hari Film Nasional 2024, Begini Tema dan Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Film Nasional (HFN) merupakan salah satu hari besar yang dirayakan pada tanggal 30 Maret setiap tahunnya. Pada tahun ini, perayaan HFN menjadi peringatan yang ke-74 kali sejak dirayakan pertama kali di tahun 1950 silam.

Pada tahun ini, semarak Hari Film Nasional diharapkan dapat menjadi pemantik bagi setiap pemangku kepentingan perfilman untuk terus memperkuat ekosistem perfilman nasional, dan membawa perfilman Indonesia semakin harum di dunia Internasional

Untuk itu, sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resmi Kementerian pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), tema yang diangkat untuk Hari Film Nasional 2024 adalah ‘Beragam Filmnya, Ramai Penontonnya’.

Tema tersebut diharapkan dapat selalu memuncul apresiasi terhadap beragamnya unsur yang ada dalam sebuah film, termasuk salah satunya adalah genre film. Sebab, keberagaman tersebut merupakan hal yang patut untuk dihargai.

Sejarah Hari Film Nasional

Penetapan tanggal 30 Maret sebagai peringatan HFN berkaitan erat dengan momen hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi, yang tata letak adegannya ditangani oleh sutradara H. Usmar Ismail.

Hari pertama pengambilan gambar film yang dilakukan pada 30 Maret 2024 ini dianggap sebagai tonggak dari berdirinya industri film di Indonesia, yang dikelola oleh tangan-tangan kreatif pelaku seni di Indonesia pada masanya.

Adapun pada tahun 1962, saran untuk penetapan Hari Film Nasional datang dari Djamaluddin Malik. Namun karena berbagai situasi politik yang terjadi kala itu membuat pentapan HFN mundur hingga 37 tahun setelahnya.

Penetapan Hari Film Nasional dilakukan oleh Presiden BJ Habibie melalui Keputusan Presiden RI No.25/1999. Penetapan ini sesuai dengan saran Djamaludin Malik yang meminta agar penetapan tanggalnya mengacu pada hari pertama produksi film Darah dan Doa.

Hari Film Nasional
Rangkaian acara Hari Film Nasional 2024. [Foto : Dok. Kemdikbud Ristek]
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.

Hari Demokrasi Internasional : Makna dan Sejarahnya

Hari Demokrasi Internasional yang biasa disebut International Day of Democracy memiliki makna tersendiri dalam peringatan setiap tahunnya.

Hari Kunjung Perpustakaan, Momentum Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Masyarakat

Setiap tanggal 14 September, Indonesia memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, sebuah momentum penting untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya perpustakaan dalam membangun kecerdasan dan literasi bangsa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru