HOLOPIS.COM, JAKARTA – Duel super big match antara Persib vs Persija akan tersaji di lanjutan Liga 1 pekan ke-28. Lantas, siapa yang akan keluar sebagai pemenangnya?

Sebelum itu, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pertandingan antara Persib vs Persija digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3) pukul 15.00 WIB.

Pertandingan dipastikan berlangsung tanpa penonton, sebab Persib Bandung sedang di bawah sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI. Pihak tim Maung Bandung sempat mengajukan banding ke Komisi Banding (Komding) PSSI, namun ditolak, sehingga sanksi tetap berlaku.

Dengan tidak adanya penonton, maka pertandingan dinilai akan sedikit menguntungkan bagi Persija Jakarta, sebab tekanan semakin berkurang ketika bermain.

Meski begitu, Persib Bandung masih tetap sedikit lebih diunggulkan, mengingat Pangeran Biru sedang berambisi mempertahankan posisi tiga besar klasemen.

Kini, Persib Bandung sendiri ada di posisi dua klasemen sementara Liga 1, dengan mengoleksi 48 poin dalam 27 pertandingan. Pangeran Biru punya poin sama dengan Bali United di posisi tiga dan unggul dua poin dari PSIS Semarang di peringkat empat.

Untuk itu, hasil kemenangan jadi harga mati bagi Persib Bandung pada laga nanti. Namun, mengalahkan Persija bukan perkara mudah, sekalipun tim Macan Kemayoran sedang dalam fase inkonsistensi.

Sejarah pertemuan kedua tim mencatat, bahwa laga Persib vs Persija selalu sulit diprediksi siapa pemenangnya, faktor performa bukan menjadi patokan lagi untuk laga sekaliber keduanya. Melainkan gengsi, ambisi, tensi hingga strategi permainan kedua tim lah yang nantinya akan menentukan siapa pemenangnya.

Jika dinilai dari segi kedalaman skuad pun tetap akan sulit mencari jawaban siapa yang akan memenangkan pertandingan, karena kedua tim sama-sama memiliki kedalaman skuad yang dominan di setiap lini.

Faktor pertemuan kedua tim pun menjadi tidak terlalu penting, karena selalu berbanding terbalik dengan performa di setiap laganya.

Ada pun secara head to head keduanya juga berimbang, dalam lima pertemuan terakhirnya, Persib bandung mampu menang dua kali, Persija pun demikian, sedangkan satu pertandingan sisa berakhir imbang 1-1, dimana hasil seri itu terjadi di pertemuan pertama kedua tim di Liga 1 musim ini.

Menjelang pertandingan berlangsung, kedua pelatih dari masing-masing kubu juga mengakui, bahwa pertandingan nanti akan sulit.

Thomas Doll ingin timnya fokus menghadapi Persib, karena ia sadar betapa sulitnya menghadapi tim Maung Bandung.

“Semua tahu laga Persija melawan Persib adalah derbi terbesar di Indonesia dan penuh dengan emosi. Saya tahu Persib didukung pendukungnya langsung saat latihan, begitu juga dengan kami yang didatangi Jakmania (di sesi latihan),” ungkap Thomas, seperti dikutip Holopis.com.

“Untuk sekarang saya tak mau para pemain memikirkan hal yang terlalu jauh ke depan. Sekarang baiknya tim fokus dengan apa yang ada di depan mata. Saya berpesan kepada pemain untuk tetap percaya bahwa kami bisa terus meraih kemenangan setelah laga terakhir,” tambahnya.

Di sisi lain, Bojan Hodak percaya dan optimis bahwa skuadnya sudah termotivasi untuk bisa meraih hasil maksimal, meski ia mengakui bukan hal mudah menekuk Persija Jakarta.

“Pertandingan yang sulit, mungkin ini menjadi salah satu partai terbesar di Asia Tenggara. Tidak ada tim yang punya rivalitas seperti ini namun disayangkan para suporter tidak akan hadir,“ kata Bojan Hodak.

“Jadi bagi saya sebagai pelatih, saya tidak perlu memberi motivasi lagi. Masalah bagi saya saat ini adalah hanya ada 11 pemain yang bisa bermain, sedangkan semua ingin main, secara motivasi itu cukup mudah,” urainya.

“Secara taktik saya rasa kita sudah tahu masing-masing. Saya harap kami memainkan permainan yang bagus di lapangan, meskipun tanpa fans tapi saya harap kami bisa mendapat hasil yang positif,” imbuhnya.

Lantas, siapa yang berhasil membawa pulang 3 poin sempurna pada pertandingan nanti?

Berikut ini ulasan selengkapnya mengenai head to head (H2H), prediksi susunan pemain dan jadwal beserta link live streaming kedua tim :

H2H Persib vs Persija

  • 02 September 2023 (Liga 1) : Persija 1 vs 1 Persib
  • 31 Maret 2023 (Liga 1) : Persija 2 vs 0 Persib
  • 11 Januari 2023 (Liga 1) : Persib 1 vs 0 Persija
  • 1 Maret 2022 (Liga 1) : Persija 0 vs 2 Persib
  • 21 November 2021 (Liga 1) : Persib 0 vs 1 Persija

Prediksi Susunan Pemain Persib vs Persija

  • Persib : Mendoza (GK); Henhen, Alberto, Kuipers, Rezaldi; Klok, Dedi, Beltrame; Ciro, David, Edo
  • Persija : Andritany (GK); Ferarri, Kudela, Rizky; Rio, Gajos, Resky, Syahrian, Firza; Ryo, Simic

Jadwal dan Link Live Streaming Persib vs Persija

  • Sabtu (9/3) Pukul 15.00 WIB : Persib vs Persija live di vidio.com atau klik di sini.