HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo saat ini tengah berada di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Kegiatan Kepala Negara tersebut adalah melakukan groundbreaking sejumlah proyek pembangunan gedung di sana.

“Saya akan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur,” kata Presiden Jokowi mengawali hari Rabunya dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (17/1) seperti dikutip Holopis.com.

Sesampainya di IKN, Jokowi yang didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Marsekal TNI (purn) Hadi Tjahjanto,Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan sejumlah seremonial groundbreaking. Kegiatan itu pun didampingi pula oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono.

Pertama yang dilakukan Presiden adalah groundbreaking Nusantara Logistics Hub and Services yang terletak di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Tujuannya adalah untuk menjadikan IKN sebgaai super hub.

“Saya menyambut baik peluncuran Nusantara Logistic Hub and Services yang merupakan kerja sama sinergi antara POS Indonesia dengan PT Bina Karya (persero),” ujarnya.

Presiden meyakini, keberadaan Nusantara Logistics Hub and Services ini akan mendukung keberadaan IKN sebagai super hub. Selain itu, imbuh Presiden kehadiran perusahaan jasa logistik sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas di IKN.

“Sejalan kalau kita lihat, padatnya kegiatan yang ada di sini dan semakin banyaknya aktivitas pergerakan orang, pergerakan barang, terutama ke IKN, dari dan ke IKN. Apalagi, menjelang penyiapan beroperasinya berbagai usaha, berbagai kantor-kantor yang ada di IKN,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden berharap Nusantara Logistics Hub and Services akan memperkuat rantai pasok domestik di tanah air.

“Saya berharap Nusantara Logistics Hub and Services akan berkontribusi secara signifikan, memicu penguatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN tetapi di seluruh kawasan Indonesia, dan membuat biaya logistik semakin terjangkau, mempercepat dan mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia,” tandasnya.