Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPMI Manufaktur Indonesia Ungguli Malaysia-Singapura

PMI Manufaktur Indonesia Ungguli Malaysia-Singapura

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat Purchasing Managers’ Index atau PMI Manufaktur Indonesia masih terbilang baik jika dibanding dengan negara lain, termasuk dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Menteri Keuangan (Kemenkeu), Sri Mulyani memaparkan, bahwa PMI manufaktur Indonesia berada di atas angka 50 dan mengalami tren yang menanjak.

“Artinya, Indonesia terus bertahan pada posisi ekspansi, dan bahkan sekarang ekspansi akselerasi,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dikutip Holopis.com, Senin (24/7).

Sementara PMI Negara negara tetangga, yakni Malaysia berada di bawah angka 50, atau tepatnya di angka 47,7, yang membuat Malaysia berada di posisi ekspansi-melambat.

Meski begitu, Sri Mulyani menegaskan, bahwa Indonesia harus tetap waspada, lantaran PMI manufaktur sebagian besar negara yang selama ini menjadi pelaku utama perekonomian dan perdagangan dunia masuk dalam zona komtraksi.

Dalam data yang ada, PMI manufaktur sejumlah negara maju seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, Jerman, Prancis, Inggris, Jepang, Korea, hingga Singapura berada di bawah angka 50.

“Pelemahan PMI negara-negara ini memang perlu diwaspadai, apakah ini memiliki kencenderungan terus melemah, dan ini tentu mempengaruhi kondisi dan kinerja perekonomian global,” tukas Sri Mulyani.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...