Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Es Batu untuk Atasi Nyeri dan Gejala Penyakit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Es batu merupakan potongan es yang sering digunakan untuk mendinginkan minuman. Biasanya es batu tersebut dari air yang dibekukan, menggunakan cetakan khusus. Adapun bentuknya sendiri yaitu segi empat atau bulat dengan ukuran bervariasi, es batu memiliki sifat mencair perlahan sehingga dapat menjaga minuman tetap dingin lebih lama.

Tak banyak yang tahu, siapa sangka selain mendinginkan minuman. Ternyata manfaat es batu lebih dari pada itu, hal ini karena rupanya es batu juga punya manfaat bagi kesehatan. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui lebih banyak manfaat es batu bagi kesehatan seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Jumat (14/7).

1. Pertolongan Pertama Cedera atau Radang Sendi

Salah satu manfaat es batu bagi kesehatan adalah, sebagai pertolongan pertama cedera atau pun radang sendi. Cukup kompres area yang bengkak atau sakit dengan handuk basah atau es yang telah anda bungkus dengan handuk, lakukan selama 10-15 menit, dan ulangi beberapa kali sehari.

2. Meredakan Gusi Bengkak

Bengkak atau rasa nyeri pada gusi dapat anda ringankan dengan memanfaatkan es batu, sementara menunggu kunjungan ke dokter gigi. Cukup letakkan es batu di dalam mulut, di atas area yang terasa sakit guna meredakan gejala tersebut.

3. Mengatasi Gejala Gigitan atau Sengatan Serangga

Jarang diketahui, es batu rupanya dapat dimanfaatkan untuk meredakan gatal, bengkak, kemerahan, atau nyeri pada kulit akibat gigitan serangga seperti nyamuk. Dengan cara mengompres bagian yang terkena dengan handuk basah atau ice pack yang tentunya berisi es batu selama beberapa menit. Namun, bila anda mengalami gigitan atau sengatan serangga berbahaya seperti lebih, segera cara perawatan medis.

4. Mengurangi Gejala Keracunan Makanan

Bila anda mengalami keracunan makanan dan mengalami diare, menghisap es batu serta banyak minum air dapat membantu mengganti cairan tubuh yang hilang. Hal ini karena, es batu akan membantu menenangkan saluran pencernaan serta memberikan efek dingin.

Selain itu, perlu diingat untuk menggunakan es batu hindari menempelkan es batu secara langsung pada kulit terbuka atau luka, jika gejala yang dialami tidak membaik setelah menggunakan es batu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Tak hanya itu, perlu diingat juga hindari penggunaan es batu untuk kondisi kesehatan yang serius atau darurat seperti luka yang dalam atau gejala yang mengkhawatirkan, dan segera dapatkan bantuan medis yang sesuai.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru