Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Banjir Rob Berpotensi Terjadi di Wilayah Pemekasan Hingga 8 Juni

HOLOPIS.COM, JATIM – Peringatan dini potensi banjir rob disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan, Jawa Timur, berdasarkan prakiraan yang diterima dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).

Analis Kebencanaan Ahli Muda BPBD Pamekasan, Budi Cahyono mengimbau agar masyarakat yang tinggal di pesisir pantai agar meningkatkan kewaspadaan, karena potensi banjir rob berpeluang terjadi dari tanggal 2 – 8 Juni 2023.

“Berdasarkan prakiraan yang diterima BPBD Pemkab Pamekasan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), potensi banjir rob mulai tanggal 2 hari ini hingga 8 Juni 2023,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Jumat (2/6).

Banjir rob merupakan, banjir yang disebabkan oleh muka laut akibat pasang maksimum. Sehingga, air pasang tersebut menggenangi daratan. Pemicunya, karena pasang air laut yang lebih tinggi dari ketinggian daratan.

Ketinggian pasang dapat mencapai 120 sampai dengan 160 sentimeter, dan kedalaman surut dapat mencapai 70 sampai dengan 120 sentimeter.

“Genangan yang ditimbulkan dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan,” jelas Budi.

Berdasarkan prakiraan itu, kata dia, wilayah pesisir yang berpotensi terdampak di Pulau Madura, antara lain Pamekasan dan Sumenep, yakni antara pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

“Pasang air laut diperkirakan antara 120 sampai 140 sentimeter dan dalam kondisi surut antara 70 hingga 100 sentimeter,” katanya.

Selain di Pulau Madura, ada beberapa pesisir di Jawa Timur yang juga diperkirakan terdampak, yakni Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, lalu Surabaya Barat yang meliputi Gresik, Lamongan dan Tuban, serta Pesisir Timur Surabaya.

“Pesisir Timur Surabaya meliputi Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo, Jember, Kenjeran dan Bangkalan,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru