Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

APGI Harap Ada Diskusi Sebelum Gunung di Bali Ditutup untuk Pendakian

HOLOPIS.COM, BALI – APGI (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia) ingin adanya diskusi terlebih dahulu, sebelum gunung-gunung di Bali ditutup untuk para pendaki. Hal tersebut diperlukan, untuk menyerap aspirasi dari para penyedia jasa traveling.

“Diskusi publik mungkin diperlukan untuk menyerap aspirasi dari kalangan asosiasi pendakian, penyedia jasa pemandu, travel agent yang menjual wisata petualangan, serta stakeholder terkait lainnya,” kata Ketua APGI Bali, I Ketut Mudiada dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Jumat (2/6).

Dari hasil diskusi publik, diharapkan bisa membuahkan regulasi yang terstruktur dan jelas. Sehingga pengaturan pendakian wisata di gunung dalam rangka menjaga kesucian gunung dan memberi dampak ekonomi kepada masyarakat di kaki gunung, alih-alih menghentikan aktivitas pendakian wisata.

Mudiada mengaku sepakat dengan upaya Gubernur Bali untuk menjaga kesucian gunung-gunung, dan APGI juga sudah menerapkan hal tersebut sebagai prosedur pendakian khususnya di Gunung Agung, sehingga besar harapan mereka agar rencana penerbitan peraturan daerah untuk melarang aktivitas pendakian dibatalkan.

Apalagi, kata dia, belakangan wisatawan yang menggunakan jasa pemandu mulai meningkat, bahkan dia sendiri dalam satu bulan dapat melayani rata-rata 100 wisatawan dengan 80 persen wisatawan mancanegara dan 20 persen wisatawan domestik.

“Melihat pada saat ini dan ke depannya minat wisatawan baik mancanegara maupun domestik melakukan wisata alam semakin meningkat, wisata pendakian gunung salah satunya juga mendapat perhatian semakin banyak kunjungan, ke depannya tren domestik juga akan meningkat,” ujar Mudiada.

Adapun pemandu yang saat ini tergabung dalam APGI Bali jumlahnya mencapai 200 orang dari semua jalur yang ada, dan mereka semua telah tersertifikasi BNSP.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru