Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Biksu Thudong Akhirnya Sampai ke Borobudur, Setelah Berjalan dari Thailand

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu bagian dari perayaan Waisak yang menjadi perhatian masyarakat adalah, biksu thudong. Rombongan biksu yang menjalankan ritual ini, telah sampai ke tujuannya yaitu Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Setelah melakukan perjalanan jauh dengan jalan kaki dari Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Sebanyak 32 biksu thudong ini diketahui mengawali perjalanan dari Candi Pawon, dan berjalan menuju Candi Borobudur yang berjarak sekitar 2,1 km pada, kamis (1/6) kemarin.

Setibanya di Candi Borobudur, dilakukan penyambutan melalui Gerbang Kalpataru, yang dilakukan oleh Ketua Umum DPP Walubi S Hartati Murdaya dan Dirut PT WTC Febriana Intan. Selain itu, para biksu juga mendapatkan untaian bunga sedap malam.

Para biksu thudong kemudian berjalan melalui marga utama, dan terus naik bangunan Candi Borobudur. Mereka lalu, melakukan ibadah di candi Borobudur dengan membaca doa-doa serta pradaksina tepat di puncak Candi Borobudur.

Dipantau Holopis.com dari unggahan akun Instagram @/undercover.id pada, Jumat (2/6). Akun tersebut turut membagikan video dari kamera salah satu biksu thudong, yang menunjukkan para biksu telah tiba ke tempat yang ditujunya sejak melakukan perjalanan panjang dari pertengahan Maret lalu.

Kini, video tersebut telah ditonton lebih dari seratus tujuh puluh ribu pengguna media sosial, serta menuai ratusan komentar.

Banyak netizen yang menyampaikan kekagumannya atas perjuangan para biksu thudong, dalam perjuangannya menunaikan ibadah.

“Respect banget perjuangan utk ibadahnya 👏 sehat selalu,” tulis @/kwasongg

“The real perjalanan ke barat.. Sehat selalu bhikkhu semuanya,” tulis @/theicebeakerr

“Terlepas agamanya berbeda dengan saya tapi effortnya luar biasa, respect👏,” tulis @/adrianwisnu99

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Holopiscom (@holopiscom)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru