Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Macet Ancam Pemudik, Hindari Arus Balik Tanggal Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Macet menjadi hal yang paling menjengkelkan bagi setiap orang ketika melakukan perjalanan, termasuk saat perjalanan mudik maupun perjalanan balik usai merayakan Lebaran di kampung halaman.

PT Jasa Marga selaku penyedia layanan jalan tol memprediksi puncak arus Balik Lebaran di tahun 2023 ini akan terjadi pada tanggal 24-25 April mendatang.

Untuk itu, para pemudik diimbau untuk menghindari puncak arus balik tersebut. Hal itu guna menghindari adanya penumpukan kendaraan di berbagai ruas jalan tol pada momen arus balik tersebut.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana meminta para pemudik yang masih bisa memperpanjang masa libur Lebaran untuk menunda perjalanan balik hingga tanggal 26/30 April 2023 mendatang.

“Hindari pulang bersamaan di hari Senin dan Selasa, 24 dan 25 April 2023. Bagi pengguna jalan yang masih diberikan kelonggaran untuk melanjutkan periode mudiknya, dapat menggeser perjalanan dengan pilihan hari Rabu-Sabtu, 26-30 April 2023,” ujar Lisye dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (23/4).

Jasa Marga memprediksi sebanyak 203 ribu kendaraan akan melintas di ruas jalan tol pada puncak arus balik nanti. Pada. Total volume kendaraan yang datang ke Jabotabek itu akan melintasi empat empat gerbang tol (GT), yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

“Jika kenaikan di puncak arus balik diasumsikan sama dengan puncak arus mudik, yaitu naik sebesar 20% dari puncak arus balik Lebaran 2022, maka akan terjadi lonjakan arus balik sebanyak 203 ribu kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek dari arah Timur,” jelasnya.

Adapun untuk mencegah terjadinya macet arus lalu lintas pada puncak arus balik mendatang, adalah mencegah para pemudik untuk melakukan perjalanan balik pada tanggal tersebut.

Jasa Marga pun telah memfasilitasi potongan harga alias diskon tarif tol terhadap warga yang berangkat di luar puncak arus mudik. Diskon yang diberikan sebesar 20% untuk untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berlaku di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama.

Pemberlakukan diskon tarif tol tersebut mulai berlaku pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

“Diskon tarif tol ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna jalan yang mudik di periode tanggal tersebut,” tutur Solekah.

Pun untuk diskon tarif 20% tersebut rinciannya adalah sebagai berikut :

  • Kendaraan Golongan I: Semula Rp20.000 menjadi Rp16.000, diskon sebesar Rp4.000
  • Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp30.000 menjadi Rp24.000, diskon sebesar Rp6.000
  • Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp40.000 menjadi Rp32.000, diskon sebesar Rp8.000
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru