HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sariawan yang muncul dalam mulut,membuat siapa saja merasa tak nyaman. Sariawan adalah luka yang muncul di seputar mulut dan menimbulkan rasa sakit, walaupun tidak menular dan akan hilang dalam beberapa hari atau minggu tetapi sebaiknya tidak dianggap sepele.

Sariawan merupakan kondisi yang normal dan dapat menyerang siapa saja, namun bila luka pada area mulut ini terlalu sering muncul dan terlihat tak wajar, maka patut diwaspadai. Bisa jadi, luka sariawan tersebut merupakan gejala dari kondisi yang lebih serius seperti kanker mulut. Umumnya, luka sariawan berbentuk bulat atau oval, dan berwarna putih ataupun kuning dengan tepian berwarna merah akibat peradangan.

Sariawan dapat muncul lebih dari satu, maka penting untuk mengetahui penyebab serta cara mengatasinya. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya, seperti yang dikutip Holopis.com pada situs resmi Halodoc, Minggu (23/4).

Penyebab Sariawan
Umumnya sariawan terjadi pada area bibir, dalam pipi, lidah, serta permukaan gusi. Ukuran luka sariawan pun beragam, mulai dari kecil hingga besar. Sebagian besar kasus sariawan terjadi akibat kebersihan mulut yang kurang terjaga, ataupun kerusakan pada selaput lendir di rongga mulut. Selain itu, ada pula berbagai kondisi lain yang dapat picu munculnya sariawan, diantaranya :

1. Perubahan hormon, umumnya selama periode menstruasi wanita rentan terserang sariawan. Tak hanya itu, sariawan juga dapat muncul akibat seseorang terlalu stres, tertekan, ataupun gelisah.

2. Konsumsi makanan yang terlalu berminyak dan pedas, selain itu minuman tertentu juga dapat memicu luka sariawan misalnya kopi.

3. Efek samping obat, adapun penyebab munculnya sariawan dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu.

4. Kondisi medis tertentu, seperti kekurangan vitamin dapat menyebabkan munculnya sariawan. Selain itu, kekurangan zat besi atau vitamin B12, serta melemahnya sistem imun dan munculnya infeksi.

5. Cedera atau kerusakan pada lapisan dalam mulut, hal ini biasanya terjadi karena bibir secara tidak sengaja tergigit. Kondisi seperti, gigi yang terlalu tajam, menggunakan kawat gigi, ataupun mengunyah makanan yang keras inilah yang sebabkan munculnya sariawan.

Cara Atasi Sariawan
Umumnya, sariawan atau luka pada area mulut ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari hingga minggu. Namun, anda dapat mencoba beberapa cara alami untuk mengatasi sariawan serta mengurangi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan, diantaranya yaitu :

1. Hindari penggunaan pasta gigi dengan kandungan bahan-bahan yang dapat memicu iritasi, sebaliknya usahakan untuk memakai pasta gigi yang lembut namun dapat membersihkan area mulut dan gigi.

2. Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan serat dan tekstur lembut, hindari konsumsi makanan yang terlalu panas, asin, panas, serta makanan yang terlalu keras.

3. Hindari hal-hal yang dapat memperparah luka sariawan, agar proses penyembuhan jauh lebih cepat.

Itulah penyebab serta beberapa cara atasi sariawan yang dapat kami jabarkan. Bila luka sariawan tak kunjung membaik setelah 3 minggu, segera lakukan pemeriksaan pada dokter guna mengetahui penyebab dan cara mengatasinya yang tepat.