Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizMenkeu Sri Mulyani : Ekonomi Anjlok Jika PSBB Diberlakukan Kembali

Menkeu Sri Mulyani : Ekonomi Anjlok Jika PSBB Diberlakukan Kembali

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kenaikan angka positif yang disebabkan varian delta telah mencapai sekitar 30.000 kasus, sehingga jika kenaikan mencapai 40.000 kasus, pemerintah akan melakukan pengetatan hingga tingkat mobilitas yang harus turun mencapai 30-50%.

Pengetatan mobilitas nantinya akan sangat berdampak pada sektor perekonomian. Seperti pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar yang pernah dilakukan pada bulan Maret 2020 dan juga pengetatan setelah lebaran, natal, dan tahun baru yang lalu.

“Seberapa ketat berarti mobilitas turun seberapa dalam. Apakah hanya 2 minggu, 1 bulan, atau bahkan bisa mencapai 2 bulan. Jadi seberapa dalam mobilitas harus ditekan dan seberapa lama pengetatan itu terjadi. Ini akan sangat menentukan,” ucap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada acara Mid Year Economic Outlook 2021 secara daring oleh Bisnis Indonesia, Rabu (07/07).

Menkeu juga menegaskan variabel kesehatan sangat memengaruhi perekonomian Indonesia saat ini. Bahkan kemunculan varian delta telah menyebar ke 96 negara lainnya termasuk Indonesia, yang menyebabkan penyebaran virus COVID-19 bergerak dengan cepat.

“Varian ini yang paling menular yaitu dua kali lebih menular dibandingkan varian covid yang asli, dan 50% lebih menular dibandingkan varian Alfa waktu itu muncul di Inggris,” ucap Menkeu.

Meski sebelumnya perekonomian Indonesia sempat mengalami tren pemulihan di bulan April dan Mei 2021. Inflasi menunjukkan permintaan yang meningkat. Purchasing manufacture index menunjukkan ekspansi tertinggi. Indeks penjualan ritel dan konsumsi listrik juga menunjukkan pertumbuhan. Indeks konsumsi masyarakat optimistis lebih dari 100. Sehingga untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, maka kerja sama seluruh pihak sangat dibutuhkan.

“Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, maka semua harus bekerja sama. Pemerintah antar kementerian/lembaga, pemerintah pusat dan daerah, dan juga dengan masyarakat seluruhnya,” tegas Menkeu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.