Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

TB Hasanuddin: Tanpa Landasan Hukum yang Kuat, TNI Akan Sulit Kembangkan Model Operasinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin menyarankan agar TNI sebaiknya memiliki dasar hukum yang kuat dalam menangani masalah konflik di Papua.

Hal ini sangat penting agar tidak terjadi masalah hukum di kemudian hari serta kejelasan anggaran yang harus dikucurkan.

“TNI harus menyadari bahwa penyelesaian konflik di Papua melalui UU Nomor 34/2004 khususnya Operasi Militer Selain perang dalam menghadapi kelompok separatis, atau menggunakan UU No 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme, Perpresnya belum pernah turun,” ujar Hasanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima Holopis.com, Sabtu (4/2).

“Tanpa landasan hukum yang kuat, TNI akan sulit mengembangkan model-model operasinya,” imbuh politisi senior PDI Perjuangan ini.

Terkait persoalan Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (alutsista), Hasanuddin sepakat dengan Panglima TNI, agar tetap berpedoman pada program MEF (minimum essensial force) tahap III harus diselesaikan.

“Tidak mengganti dengan program lain karena MEF itu adalah amanat Perpres,” tandasnya.

Sebelumnya Komisi I DPR RI menggelar Rapat Kerja bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono membahas situasi dan kondisi keamanan terkini di Papua, serta pemenuhan kebutuhan alutsista TNI, Kamis (2/2).

Hadir Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muhammad Ali dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Wakil KASAD Letyen Agus Subiyanto.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru