HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan ucapan selamat kepada Rishi Sunak yang telah terpilih menjadi Perdana Menteri (PM) Inggris baru, usai mundurnya Liz Truss dari jabatan Perdana Menteri.

Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Presiden Jokowi menyerukan PM Rishi Sunak untuk membangun kerja sama di berbagai sektor seperti perdamaian dan kesejahteraan serta kemakmuran global untuk memajukan hubungan diplomatik antara Indonesia dan Inggris.

“Selamat kepada Perdana Menteri @RishiSunak. Mari kita bekerja sama untuk memajukan Kemitraan Indonesia-Inggris Raya, serta untuk mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia,” tulis Presiden Jokowi dalam akun twitter pribadinya @jokowi, dikutip Holopis.com, Rabu (26/10).

Selain itu, mantan gubernur DKI Jakarta juga mengungkapkan harapan agar PM baru Inggris itu, bisa menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada bulan November 2022.

“Menantikan kehadiran anda (Rishi Sunak) di KTT G20 di Bali bulan depan,” lanjut Jokowi.

Sebelumnya, mantan menteri keuangan Inggris pada era PM Boris Johnson itu, memenangi pemilihan Ketua Partai Konservatif yang sedang berkuasa di Inggris. Dengan terpilihnya menjadi Ketua Partai Konservatif, otomatis Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru, gantikan Lis Truss yang mundur pada, (20/10) lalu.

Rishi Sunak didapuk menjadi PM Inggris baru pada Senin (24/10), setelah saingannya Penny Mordaunt memilih mundur dari kontestasi pemilihan Ketua Partai Konservatif. Raja Charles III juga telah resmi menunjuk Sunak sebagai PM Inggris yang baru.