Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

6 Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sudah berusaha diet, tapi berat badan masih sama saja. Ada cara mudah dan simple untuk menurunkan berat badan, bagi Sobat Holopis yang mengalami kelebihan berat badan atau overweight.

Dari pada, Sobat Holopis menjalankan diet ketat yang kerap kali menyiksa, mendingan mulai terapkan pola makan sehat secara teratur dan pengendalian asupan kalori. Tapi dalam menjalankannya, Sobat Holopis perlu kedisiplinan dan komitmen penuh, loh. Supaya rencana untuk menurunkan berat badan bisa terwujud.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan Sobat Holopis dalam menurunkan berat badan? Yuk simak cara-cara ampuh turunkan berat badan.

Dikutip Holopis.com dari situs Hallo Sehat, berikut cara menurunkan berat badan secara mudah, simple, aman dan cepat dijamin pasti berhasil.

Tidak Melewatkan Sarapan

Poin paling penting dalam menurunkan berat badan adalah tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Pilihlah menu sarapan dengan gizi seimbang, karena dengan mengkonsumsi asupan gizi seimbang di pagi hari mampu memberikan energi yang dibutuhkan tubuh.

Jika tidak sarapan, Sobat Holopis akan memulai hari dengan energi kosong. Hal tersebut, akan memicu keinginan untuk ngemil di waktu siang dan malam hari.

Menu makanan yang cocok untuk disantap saat sarapan pastinya harus tinggi protein dan karbohidrat kompleks seperti; telur, nasi merah, roti gandum dengan alpukat atau selai kacang dan yoghurt tawar dengan buah berry.

Makan Dalam Porsi Kecil

Sobat Holopis mungkin memilih untuk makan tiga kali sehari, yang diikuti dengan 2-3 cemilan. Atau, makan 5-6 kali dengan jarak waktu setiap 3-4 jam. Metode tersebut, dinilai sama saja karena mampu menjaga metabolisme tubuh tetap seimbang.

Dengan menggunakan cara makan tersebut, bisa menurunkan berat badan serta mengendalikan kadar gula darah. Sering kali, saat kadar gula/glukosa tidak teratur justru memicu tingkat energi tidak stabil. Akan membuat berat badan malah sulit turun, loh.

Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Ternyata mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan ampuh untuk menurunkan berat badan. Selain itu, dengan rutin makan sayuran dan buah juga bisa mengurangi resiko penyakit kronis.

Sayuran dan buah-buahan mengandung air dan serat yang tinggi. Jika mengkonsumsinya dengan porsi dan jumlah banyak dipastikan tetap akan mengenyangkan.

Rutin Berolahraga

Sudah menjaga pola makan sehat, perlu diimbangi dengan olahraga rutin agar berhasil mengurangi berat badan dengan efektif. Jika Sobat Holopis kesulitan untuk mengimbangi aktivitas fisik yang intens, bisa mencoba olahraga ringan untuk menurunkan berat badan.

Seperti berjalan kaki selama 30 menit secara teratur, ternyata sangat bermanfaat sesekali berolahraga.

Minum Banyak Air Putih

Tubuh manusia normalnya terdiri dari 60% air. Artinya, air berperan penting pada hampir setiap fungsi tubuh. Minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh, memudahkan tubuh untuk bergerak, meningkatkan motivasi dan menurunkan stres.

Tidur Teratur

Salah satu penyebab kenaikan berat badan yang mungkin tidak Sobat Holopis sadari yakni kurangnya waktu tidur. Bila kurang tidur, kadar neurotransmitter (nafsu makan) akan tidak seimbang. Akibatnya, rasa lapar atau keinginan untuk makan di tengah malam meningkat.

Sobat Holopis, dapat mempraktikan langsung tips dan cara menurunkan berat badan di atas sebagai upaya menjaga pola hidup sehat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru