Perlunya Pendekatan Holistik dalam Membangun Sistem Keamanan Siber

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan bahwa persoalan keamanan data memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnia yang bersentuhan dengan digitalisasi.

Hal ini karena peluang serangan siber sangat terbuka lebar. Dampaknya bukan hanya sekadar kerugian finansial, akan tetapi kata Syam, dampak terbesarnya adalah kepercayaan publik.

“Serangan siber tidak hanya berdampak pada kerugian finansial tetapi juga merusak reputasi dan kepercayaan pelanggan,” kata Syam dalam keterangannya yang diterima Holopis.com, Rabu (3/7/2024).

Untuk mengatasi ancaman ini secara efektif, diperlukan pendekatan holistik dalam membangun sistem keamanan siber.

“Pendekatan holistik berarti mempertimbangkan semua aspek keamanan siber dan mengintegrasikannya ke dalam keseluruhan strategi organisasi,” ujarnya.

Kemudian, Syam pun memberikan 7 tujuh pandangan tentang pendekatan secara holistik terhadap pembangunan sistem keamanan siber.

Pertama, pendekatan ini harus mencakup semua aspek keamanan. Pendekatan holistik memastikan bahwa semua aspek keamanan siber tercakup, mulai dari jaringan siber layer 1 sampai layer 7, sampai pada pemeliharaan keamanan itu sendiri.

“Ini berarti setiap elemen dapat menjadi titik lemah dalam sistem akan diperiksa dan diamankan,” terangnya.

Dengan mempertimbangkan semua aspek tersebut, Syam mengatakan bahwa organisasi dapat menciptakan lapisan perlindungan yang kuat.

Kedua adalah integrasi terhadap keamanan ke dalam proses bisnis. Syam Basrijal mengatakan bahwa keamanan siber tidak boleh dilihat sebagai sesuatu yang terpisah dari proses bisnis. Dengan pendekatan holistik, keamanan siber diintegrasikan atau bercampur menjadi satu kesatuan proses ke dalam semua proses bisnis, memastikan bahwa setiap aktivitas bisnis memperhatikan aspek keamanan.

“Ini membantu mencegah kebocoran data dan serangan siber dari awal hingga akhir,” paparnya.

Ketiga adalah peningkatan terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam pendekatan ini, salah satu elemen kunci dari pendekatan holistik adalah pendidikan dan kesadaran staff / anggota.

“Serangan siber sering kali memanfaatkan kelemahan manusia, seperti serangan phishing,” tutur Syam.

Malihat aspek ini, maka dengan melibatkan anggota dalam pelatihan keamanan siber secara berkala dan periodik akan meningkatkan kesadaran anggota dari ancaman dan organisasi dapat mengurangi risiko serangan dari dalam atau luar.

Keempat adalah mengadopsi teknologi yang termutakhir. Syam menerangkan bahwa yeknologi akan terus berkembang, demikian juga dengan ancaman siber.

“Pendekatan holistik mendorong mengadopsi teknologi terupdate yang dapat membantu mendeteksi dan mencegah serangan siber,” jelas Syam.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Syam Basrijal Ungkap Pentingnya Gunakan Produk Keamanan Siber Lokal

Pengamat dan Praktisi Keamanan Data, Syam Basrijal mengungkapkan, bahwasanya kemanan data dan keamanan siber menjadi aspek krusial bagi berbagai sektor, baik itu bagi pemerintah, perusahaan, hingga individu sekalipun.

Data BAIS Bocor, Panglima TNI Minta Tambah Alat dan SDM Lebih Canggih

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menjelaskan bahwa kebocoran data Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI menjadi pembelajaran baginya.

Syam Basrijal Sarankan Kombinasi NGFW, SIEM, dan DLP Demi Keamanan Data

Praktisi keamanan data dari PT Tri Kreasi Mandiri Teknologi, Syam Basrijal mengatakan bahwa ancaman keamanan siber di era digitalisasi akan terus berkembang canggih dan semakin kompleks.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Viral Password Pusat Data Nasional Pakai Admin#1234

Di X atau sebelumnya Twitter, ramai bahasan mengenai awal mula jebolnya Pusat Data Nasional yang dikelola oleh Kominfo ini. Diduga awal mula celah ini muncul adalah karena kelalaian, atau mungkin keterlibatan orang yang dekat dengan akses ke server Pusat Data Nasional.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

Daftar Tim Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19 2024

Sebanyak empat tim sudah dipastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2024, meski pun belum seluruh laga selesai bergulir. Ada pun hasil di laga pamungkas Grup A jadi salah satu faktor penentunya.