BerandaNewsRagamHati-hati! Ini Bahaya Minuman Keras Ilegal yang Perlu Diketahui

Hati-hati! Ini Bahaya Minuman Keras Ilegal yang Perlu Diketahui

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tragedi minuman keras oplosan yang illegal belum lama ini terjadi di India. Akibatnya, banyak nyawa harus melayang karena meminum minuman yang terkontaminasi ini.

Minuman keras ilegal, atau yang sering disebut juga minuman keras oplosan, merupakan produk yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berbeda dengan minuman beralkohol yang diproduksi secara legal dan diatur, minuman keras ilegal sering kali mengandung bahan-bahan beracun atau tidak layak konsumsi.

Berikut adalah empat bahaya utama dari mengonsumsi minuman keras illegal.

Penerbit Iklan Google Adsense

1. Kandungan Bahan-Bahan Beracun

Minuman keras ilegal sering kali dibuat dengan mencampurkan alkohol dengan bahan-bahan lain yang tidak layak konsumsi, seperti metanol (alkohol kayu), bensin, atau cairan pembersih lainnya. Kandungan bahan-bahan beracun ini dapat sangat berbahaya bagi tubuh manusia dan menyebabkan keracunan serius bahkan dalam jumlah kecil.

2. Resiko Keracunan Berat

Konsumsi minuman keras ilegal dapat menyebabkan keracunan berat, yang dapat mengakibatkan gejala seperti mual, muntah, sakit kepala, kehilangan penglihatan, kerusakan saraf, bahkan kematian. Kandungan metanol yang tinggi dalam minuman keras ilegal merupakan penyebab utama keracunan yang berpotensi fatal.

3. Kerusakan Organ Dalam Jangka Panjang

Penggunaan jangka panjang minuman keras ilegal dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ dalam tubuh, terutama hati dan ginjal. Toksin yang terkandung dalam minuman ilegal dapat merusak fungsi-fungsi penting organ-organ ini, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan organ dan kematian.

4. Resiko Hukuman Hingga Kematian

Selain bahaya kesehatan yang nyata, konsumsi minuman keras ilegal juga melanggar hukum di banyak negara. Pemerintah sering kali memberlakukan larangan dan sanksi keras terhadap pembuat dan penjual minuman keras ilegal. Selain itu, konsumen minuman keras ilegal juga bisa menghadapi sanksi hukuman, bahkan hukuman mati di beberapa negara yang memberlakukan hukuman tersebut untuk pembuat atau penjual minuman ilegal.

Terus berhati-hati ya, Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Empat Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tips Pakai Eyeshadow Anti ‘Creasing’ Di Kelopak Mata

Pilihan warna eyeshadow yang menarik bisa membuat penampilan semakin cantik dan menaikkan rasa percaya diri. Eyeshadow yang terlihat rapi dan tahan lama pastinya menjadi dambaan setiap penggemar makeup.

Prabowo Subianto Prihatin dengan Penembakan Donald Trump, Kecam Keras Kekerasan dalam Demokrasi

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto turut mengucapkan rasa prihatinnya atas kabar percobaan pembunuhan terhadap Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Munas FOZ Jadi Komitmen Indonesia Kurangi Ketimpangan Sosial Lewat Zakat

Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan bahwa Forum Zakat adalah sebuah wadah para pelaku amil zakat untuk bisa berkolaborasi menampung dan menyalurkan zakat yang diamanahkan umat kepada para mustahik.

Manfaat Buah Belimbing, Bisa Jadi Rahasia Diet Para Ciwi-ciwi Loh…

Meskipun jarang dinikmati dibandingkan buah lainnya, namun Sobat Holopis jangan sampai menyepelekan manfaat buah belimbing yang luar biasa.

Jaga Kesehatan, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Lembur

- Saat pekerjaan menumpuk tau sedang mengejar banyak bayaran bonus demi mendapatkan barang impian, terlalu sering bekerja lembur tanpa memikirkan Waktu untuk beristirahat akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi Kesehatan.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS