BATA Tutup Pabrik di Purwakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Produsen alas kaki PT Sepatu Bata Tbk (BATA) memutuskan untuk menutup permanen pabriknya yang berada di Purwakarta, Jawa Barat, pada Selasa 30 April 2024 lalu.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) yang disampaikan oleh manajemen BATA, keputusan tersebut diambil karena kerugian produksi yang tak dapat dihindari.

Corporate Secretary Sepatu BATA, Hatta Tutuko mengatakan, bahwa pihak manajemen telah melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan produksi pabrik yang telah beroperasi selama nyaris 30 tahun tersebut.

Namun apa boleh buat, upaya yang telah dilakukan selama empat tahun berjalan tidak mampu membendung kerugian yang telah terjadi.

“Kerugian dan tantangan industri akibat pandemi, ditambah perubahan perilaku konsumen yang sangat cepat, tidak dapat membendung kerugian,” katanya seperti dikutip Holopis.com, Minggu (5/5).

Keputusan penutupan pabrik ini tentu menjadi pil pahit bagi ratusan karyawan yang bekerja di pabrik alas kaki itu, dimana mereka harus pasrah dengan keputusan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Diketahui, perseroan yang mengelola bisnis alas kaki bermerek BATA itu mengalami kerugian yang cukup signifikan. Hingga kuartal III 2023, BATA mencatatkan kerugian sebesar Rp80,65 miliar.

Angka ini melonjak 294,76 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, di mana rugi bersih perseroan hanya mencapai Rp20,43 miliar.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Sri Mulyani Klaim Permendag Baru Bakal Permudah Persyaratan Impor

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, bahwa pihaknya menyambut baik diterbitkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Luhut Pastikan Elon Musk Luncurkan Starlink Besok

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan CEO SpaceX, Elon Musk bakal meluncurkan Starlink di Indonesia pada Minggu (19/5) besok.

Masih Simpang Siur, Begini Penjelasan Bos BPJS Kesehatan soal KRIS

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti memberikan pemahaman terkait penerapan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) yang sejauh ini masih simpang siur di masyarakat.

Menag Yaqut Minta Wejangan Sri Mulyani soal Potensi Devisa Haji dan Umrah

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta arahan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati perihal potensi devisa yang dapat ditarik dari pelaksanaan haji dan umrah.

Airlangga Minta Jajaran Kerja 24 Jam Nonstop Selesaikan Kontainer Numpuk di Pelabuhan

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta seluruh jajaran petugas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk bekerja 24 jam nonstop.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

BMKG Ramal Cuaca Jabar Berpotensi Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) yang terjadi pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.