4 Manfaat Mandi Sebelum Tidur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa tidur di malam hari bisa berbahaya bagi kesehatan. Padahal terkadang Sobat Holopis pasti merasa gerah dan tidak bisa tidur nyenyak jika tubuh terasa kotor setelah beraktivitas seharian.

Sebenarnya, mandi sebelum tidur bukan hanya kebiasaan yang menyegarkan tubuh setelah seharian beraktivitas, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan.

Berikut adalah empat manfaat mandi sebelum tidur yang perlu kamu ketahui.

1. Membantu Relaksasi Tubuh dan Pikiran

Mandi dengan air hangat atau mandi dengan air dingin sebelum tidur dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi stres. Air hangat membantu melebarkan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan merangsang sistem saraf parasimpatik, yang bertanggung jawab atas reaksi tubuh terhadap rileksasi. Sementara itu, mandi dengan air dingin dapat menyegarkan tubuh dan menyegarkan pikiran setelah seharian beraktivitas.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Suhu tubuh yang turun setelah mandi dapat memberi sinyal kepada otak bahwa saatnya untuk beristirahat. Selain itu, perasaan bersih dan segar setelah mandi dapat menciptakan suasana yang nyaman dan santai untuk tidur, memungkinkan kamu merasakan tidur yang lebih nyenyak dan mendalam.

3. Meredakan Gejala Tertentu

Mandi sebelum tidur juga dapat membantu meredakan beberapa gejala tertentu, seperti sakit kepala, nyeri otot, atau alergi. Air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otot yang tegang, mengurangi ketegangan dan nyeri.

4. Menjaga Kebersihan Kulit dan Kesehatan Tubuh

Mandi sebelum tidur adalah kesempatan untuk membersihkan tubuh dari kotoran, minyak, dan keringat yang terkumpul selama seharian. Ini membantu menjaga kebersihan kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat atau iritasi.

Sobat Holopis sudah mandi belum sebelum tidur?

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Luhut Sumringah Jemput Elon Musk di Bandara

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menjemput CEO SpaceX, Elon Musk di Bandara kawasan Bali, pada Minggu pagi.

Cuaca Jakarta Bakal Cerah Hari Ini, Tapi Malamnya Turun Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 19 Mei 2024.

Jasa Marga Bantah Cerita Andi Soal Mutu Beton Tol MBZ di Bawah SNI

PT Jasa Marga Jalan layang Cikampek (JCC) selaku pengelola Tol MBZ, bantah soal mutu beton tol MBZ di bawah SNI.

Wartawan Senior Prof. Salim Said Meninggal Dunia

HOLOPIS.COM , JAKARTA - Wartawan senior Profesor Salim Said, dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (18/5) malam di RSCM.

Jangan Jadi Kebiasaan, Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Parasetamol

Parasetamol adalah salah satu obat yang paling umum digunakan di seluruh dunia untuk mengurangi rasa sakit dan demam. Obat ini juga sangat mudah ditemukan dan bisa dibeli dengan bebas.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Hari Cacat Veteran Indonesia 2024

Berita Terbaru

Terpopuler

BMKG Ramal Cuaca Jabar Berpotensi Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) yang terjadi pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.