JAKARTA, HOLOPIS.COM Bagi Sobat Holopis yang sedang libur panjang, tidak lengkap rasanya jika tak pergi mengunjungi tempat wisata bersama teman atau keluarga. Apalagi pilihan tempat wisata di Indonesia seakan tidak ada habisnya untuk dikunjungi. Terletak di wilayah tropis, sehingga tak heran banyak tempat wisata alam yang memanjakan mata. Sebutan surganya para wisatawan sepertinya cocok untuk Indonesia karena keanekaragamannya. Keindahan alam Indonesia harus kamu kunjungi walaupun sekali dalam seumur hidupmu.

Berikut ini 7 rekomendasi tempat wisata dari Holopis.com yang wajib dikunjungi saat liburan:

  1. Tanjung Lesung

Wisata yang terletak di Pandeglang, Banten, menawarkan suasana pantai bagaikan pantai di Bali. Lokasi yang dekat dengan Jakarta dengan waktu tempuh 2-3 jam, cocok untuk kamu yang penat dengan kota metropolitan.

Tanjung Lesung menyediakan berbagai destinasi wisata yang menarik, seperti bermain di Beach Club, berselancar, menyelam, memancing, atraksi kebudayaan, petualangan ATV, pusat kebudayaan Mongolia, tur ke Krakatau, mengunjungi Kampung Badui, dan masih banyak lagi.

Pemandangan alam bawah laut Tanjung Lesung juga sayang untuk dilewatkan, terdapat pemandangan alam yang menakjubkan sekaligus kapal Belanda yang karam.

Tarif: Rp25.000,00 (hari biasa), Rp40.000,00 (akhir pekan/libur)

  1. Pantai Pulau Merah

Bagi kamu penggemar keindahan pantai, kamu tidak boleh melewatkan pantai yang satu ini. Pantai Pulau Merah terletak di pesisir selatan Banyuwangi menyajikan pesona yang indah. Disebut pulau merah karena terdapat bukit tidak jauh dari tepi pantai memiliki tanah berwarna merah.

Sobat Holopis, bisa menikmati keindahan sunset berwarna oranye kemerahan yang dipadukan dengan keindahan Pantai Pulau Merah.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan surfing, memancing, naik perahu, bahkan jika kamu beruntung kamu bisa menyaksikan upacara adat di pantai tersebut loh.

Tarif: Rp5.000,00

  1. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan terletak di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, menyediakan beragam wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata modern. Untuk menuju ke Teluk Kiluan memakan waktu 3-4 jam dari pusat kota Bandar Lampung dengan menggunakan mobil atau motor.

Yang paling terkenal di Teluk Kiluan ialah kawanan Lumba-Lumba Hidung Botol dan Paruh Panjang yang berenang di laut. Bahkan lumba-Lumba di Teluk Kiluan mendekati perahu tanpa rasa takut.

Tarif: Rp5.000,00

  1. Goa Jomblang

Selain Malioboro dan Pantai Selatan ada lagi nih tempat wisata yang nggak kalah kerennya di Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan bagian dari kompleks Gunungkidul yang memiliki keunikan tersendiri. Goa ini terbentuk dari proses geologi amblesnya tanah dan vegetasi yang ada diatasnya ke dasar bumi, peristiwa itu terjadi ribuan tahun lalu. Reruntuhan tersebut membentuk sumuran dengan mulut goa seluas 50 meter persegi.

Goa Jomblang adalah tempat konservasi tumbuhan purba yang dikelola oleh warga setempat menjadi tempat wisata. Salah satu yang menjadi icon tempat ini adalah sinar matahari yang menerobos masuk dari atas setinggi 90 meter membentuk tiang cahaya. Selain itu, air yang menetes ke bawah juga menarik perhatian wisatawan yang terkagum-kagum.

Tarif: Rp450.000,00 – Rp1.000.000,00

  1. Air Terjun Sipiso-Piso

Air terjun yang terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, ini memiliki tinggi 120 meter. Air Terjun Sipiso-piso terletak di Kawasan Danau Toba dengan ketinggian 1.300 meter diatas permukaan air laut.

Air terjun ini menyajikan panorama Danau Toba, bentangan bukit di Pulau Samosir, sawah dan ladang Desa Tongging dengan nuansa alam pegunungan.

Tarif: Rp7.500,00 (dewasa), Rp5.000,00 (anak-anak)

  1. Danau Kaco

Danau yang memiliki julukan Mirror Lake ini terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, tepatnya berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau Kaco terkenal dengan air birunya ditengah rimbunan hutan.

Keindahan danau Kaco semakin jelas ketika malam hari saat bulan purnama, karena cahaya bulan yang terang akan membuat air danau bercahaya.

Tarif: Rp5.000,00 (untuk parkir)

  1. Curug Leuwi Hejo

Wisata Leuwi Hejo cocok untuk menghabiskan akhir pekan warga Jabodetabek karena letaknya yang dekat, tepatnya di Kota Bogor. Curug ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, bahkan memiliki julukan Green Canyon Kota Bogor.

Kolam curug ini memiliki warna yang indah yakni hijau toska dengan air yang jernih dan dingin. Kedalaman Curug Leuwi Hejo ini mencapai 1,5 meter, sehingga bagi Sobat Holopis yang tidak bisa berenang jangan nekat menceburkan diri ya.

Tarif: Rp20.000,00