JAKARTA, HOLOPIS.COM – China akan berjuang sampai akhir untuk menghentikan Taiwan dari upaya mereka mendeklarasikan kemerdekaan. Upaya tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dalam forum Asia yang digelar di Singapura.

“Kami akan berjuang hingga akhir. Ini satu-satunya cara untuk China,” kata Menteri Pertahanan China Wei Fenghe di Dialog Shangri-La di Singapura, melansir AFP, Minggu (12/6).

Fenghe juga mengancam bahwa siapapun yang membantu Taiwan mendeklarasikan kemerdekaan dan berniat untuk memisahkannya dari China tak akan menemukan nasib baik.

“Tidak ada yang bisa menyepelekan kemampuan pasukan China dalam mempertahankan kemerdekaan negaranya,” kata Fenghe.

Pidato Fenghe muncul setelah Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin menuduh China telah memprovokasi dan “melumpuhkan” aktivitas militer yang dekan dengan pulau tersebut.

Beijing memandang Taiwan yang demokratis dan memiliki pemerintahan sendiri sebagai bagian dari wilayahnya yang menunggu reunifikasi, dengan kekerasan jika perlu.

Ketegangan AS-China atas pulau itu telah meningkat khususnya karena semakin banyak jumlah serangan udara China ke zona pertahanan udara Taiwan.