HOLOPIS.COM, PAPUA – TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 323/Buaya Putih Kostrad yang tergabung Satuan Jajaran Komando Operasi HABEMA melakukan patroli rutin di Papua.

Dalam kegiatan patroli rutin Pengamanan Perbatasan Mobil RI-PNG, di wilayah Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Rabu (25/9), TNI melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat.

Tim dari Satgas Yonif 323 Kostrad, khususnya Pos Wuloni pimpinan Kapten Inf Honest, melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, sambil melaksanakan patroli pengamanan wilayah.

“Pentingnya perhatian Satgas kepada kebutuhan dasar masyarakat di sekitar Pos,” kata Komandan Satgas Yonif 323 Kostrad, Letkol Inf Tri Wiratno saat pengarahan kepada prajurit seperti dikutip Holopis.com, Kamis (26/9).

Berbekal pengarahan tersebutlah, anggota TNI memanfaatkan patroli pengamanan wilayah melalui interaksi dan komunikasi dengan para warga Kampung Wuloni. Interaksi tersebut terjadi ketika Tim Patroli Satgas Yonif 323 Kostrad melintasi wilayah Kampung Wuloni.

Dengan tetap mengutamakan keamanan selama kegiatan, telah terjadi interaksi komunikasi yang harmonis antara para Prajurit TNI dengan para warga. Dalam komunikasi tersebut warga juga menyampaikan perkembangan situasi keamanan di wilayah Kampung Wuloni yang relatif aman dan kondusif.

Lebih lanjut, warga juga gembira dengan kepedulian para Prajurit TNI yang singgah ke Wuloni. Salah seorang warga bernama Zakaria Murib bahkan sangat terkesan dengan perhatian yang diberikan TNI.

“Terima kasih Komandan 323. Tuhan memberkati,” kata Zakaria.

Sementara itu, Panglima HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto mengatakan, inisiatif Satgas Yonif 323 Kostrad melaksanakan Komsos dengan para warga di Kampung Wuloni, merupakan wujud pelaksanaan tugas TNI melakukan Komunikasi Sosial inklusif dengan seluruh pihak di Daerah Tugas.

“Hal itu dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua,” tukas Lucky.