Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Flyover Cisauk Telah Beroperasi, JPL 95 Akan Dinonaktifkan

HOLOPIS.COM, TANGERANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan menutup akses jalur perlintasan langsung (JPL) 95 yang terletak di antara Stasiun Cisauk-Cicayur, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Rencana ini telah dikoordinasikan dengan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) kelas 1 Jakarta.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, penonaktifan JPL tersebut dilakukan karena Flyover Cisauk sudah beroperasi mulai 29 Desember 2023.

“Telah dilakukan rapat koordinasi pada hari Jumat (21/6) lalu yang dihadiri oleh PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, perwakilan Balai Teknik Perekeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta, Kepala Bidang Keselamatan Dinas  Perhubungan Kabupaten Tangerang dan para stakeholder terkait dan akan segera dinonaktifkan JPL No 95,” kata Ixfan, Senin (8/7) seperti dikutip Holopis.com.

Ixfan menerangkan, bahwa dalam rangka meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang jalur KA dan Mengacu pada UU 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian pasal 91 ayat 1 berbunyi bahwa, perpotongan antara jalur kereta api dan jalan dibuat tidak sebidang.

“Kemudian pada ayat 2 pengecualian terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat dilakukan dengan tetap menjamin keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api dan lalu lintas jalan. selanjutnya pada Peraturan Menteri (PM) Perhubungan nomor 94 tahun 2018 tentang peningkatan keselamatan  perlintasan sebidang jalur Kereta Api (KA),” terang Ixfan.

lebih lanjut, dijelaskan Ixfan, proses atau pentahapan rencana penutupan telah dilakukan dan disepakati melalui rapat koordinasi lintas instansi, kemudian dilakukan rekayasa lalu lintas, pemasangan media sosialisasi tentang penutupan JPL 95 di beberapa titik.

“Tahap berikutnya akan dilakukan penutupan sebagian jalan, dan pada tanggal 27 Juli 2024 akan dilakukan penutupan secara total jalur KA dilakukan normalisasi, dan akan menonaktifkan pintu perlintasan termasuk petugas juga akan dialihkan di perlintasan lainya,” jelas Ixfan.

Ixfan menambahkan bahwa KAI Daop 1 Jakarta akan mendukung sepenuhnya proses penutupan JPL 95 yang akan dilakukan oleh DJKA dalam hal ini BTP Kelas 1 Jakarta.

“kami berharap kesadaran warga masyarakat akan hal tersebut sesuai pasal 173 yang berbunyi bahwa, masyarakat wajib ikut serta menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan penyelenggaraan perkeretaapian,” pungkas Ixfan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...

6 Juta Data DJP Bocor, Begini Respon Sri Mulyani

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akhirnya angkat bicara terkait adanya kabar kebocoran 6 juta data milik DIrektorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pasalnya dalam 6 juta data yang bocor itu, terdapat data dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru