BerandaNewsRagamFlyover Cisauk Telah Beroperasi, JPL 95 Akan Dinonaktifkan

Flyover Cisauk Telah Beroperasi, JPL 95 Akan Dinonaktifkan

HOLOPIS.COM, TANGERANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan menutup akses jalur perlintasan langsung (JPL) 95 yang terletak di antara Stasiun Cisauk-Cicayur, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Rencana ini telah dikoordinasikan dengan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) kelas 1 Jakarta.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, penonaktifan JPL tersebut dilakukan karena Flyover Cisauk sudah beroperasi mulai 29 Desember 2023.

“Telah dilakukan rapat koordinasi pada hari Jumat (21/6) lalu yang dihadiri oleh PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, perwakilan Balai Teknik Perekeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta, Kepala Bidang Keselamatan Dinas  Perhubungan Kabupaten Tangerang dan para stakeholder terkait dan akan segera dinonaktifkan JPL No 95,” kata Ixfan, Senin (8/7) seperti dikutip Holopis.com.

Ixfan menerangkan, bahwa dalam rangka meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang jalur KA dan Mengacu pada UU 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian pasal 91 ayat 1 berbunyi bahwa, perpotongan antara jalur kereta api dan jalan dibuat tidak sebidang.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kemudian pada ayat 2 pengecualian terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat dilakukan dengan tetap menjamin keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api dan lalu lintas jalan. selanjutnya pada Peraturan Menteri (PM) Perhubungan nomor 94 tahun 2018 tentang peningkatan keselamatan  perlintasan sebidang jalur Kereta Api (KA),” terang Ixfan.

lebih lanjut, dijelaskan Ixfan, proses atau pentahapan rencana penutupan telah dilakukan dan disepakati melalui rapat koordinasi lintas instansi, kemudian dilakukan rekayasa lalu lintas, pemasangan media sosialisasi tentang penutupan JPL 95 di beberapa titik.

“Tahap berikutnya akan dilakukan penutupan sebagian jalan, dan pada tanggal 27 Juli 2024 akan dilakukan penutupan secara total jalur KA dilakukan normalisasi, dan akan menonaktifkan pintu perlintasan termasuk petugas juga akan dialihkan di perlintasan lainya,” jelas Ixfan.

Ixfan menambahkan bahwa KAI Daop 1 Jakarta akan mendukung sepenuhnya proses penutupan JPL 95 yang akan dilakukan oleh DJKA dalam hal ini BTP Kelas 1 Jakarta.

“kami berharap kesadaran warga masyarakat akan hal tersebut sesuai pasal 173 yang berbunyi bahwa, masyarakat wajib ikut serta menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan penyelenggaraan perkeretaapian,” pungkas Ixfan.

Temukan kami juga di Google News
Editor : Muhammad Ibnu Idris

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Empat Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara Terdampak Banjir

Bencana banjir melanda pemukiman warga yang ada di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Tips Pakai Eyeshadow Anti ‘Creasing’ Di Kelopak Mata

Pilihan warna eyeshadow yang menarik bisa membuat penampilan semakin cantik dan menaikkan rasa percaya diri. Eyeshadow yang terlihat rapi dan tahan lama pastinya menjadi dambaan setiap penggemar makeup.

Prabowo Subianto Prihatin dengan Penembakan Donald Trump, Kecam Keras Kekerasan dalam Demokrasi

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto turut mengucapkan rasa prihatinnya atas kabar percobaan pembunuhan terhadap Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Munas FOZ Jadi Komitmen Indonesia Kurangi Ketimpangan Sosial Lewat Zakat

Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan bahwa Forum Zakat adalah sebuah wadah para pelaku amil zakat untuk bisa berkolaborasi menampung dan menyalurkan zakat yang diamanahkan umat kepada para mustahik.

Manfaat Buah Belimbing, Bisa Jadi Rahasia Diet Para Ciwi-ciwi Loh…

Meskipun jarang dinikmati dibandingkan buah lainnya, namun Sobat Holopis jangan sampai menyepelekan manfaat buah belimbing yang luar biasa.

Jaga Kesehatan, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Lembur

- Saat pekerjaan menumpuk tau sedang mengejar banyak bayaran bonus demi mendapatkan barang impian, terlalu sering bekerja lembur tanpa memikirkan Waktu untuk beristirahat akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi Kesehatan.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS