JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah Sydney di New South Wales, Australia, bakal mencabut kewajiban karantina untuk cegah Covid-19 bagi pendatang internasional mulai 1 November 2021.

“Kami ingin orang-orang kembali. Kami memimpin negara ini keluar dari pandemi. Kami membuka Sydney dan New South Wales untuk dunia,” ujar Pemimpin New South wales, Dominic Perrottet, sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (15/10).

Perrottet mengumumkan keputusan ini ketika kasus Covid-19 di New South Wales mulai turun. Pada Kamis (14/10), infeksi corona di New South Wales turun menjadi 399 dari 406 di hari sebelumnya.

Jumlah kasus ini jauh lebih rendah ketimbang saat New South Wales menghadapi puncak pandemi Covid-19 pada awal September lalu. Saat itu, kasus Covid-19 di New South Wales mencapai lebih dari 1.500 infeksi.

Selain itu, New South Wales juga diperkirakan bakal mencapai target 80 persen populasi dewasanya divaksinasi Covid-19 penuh pada akhir pekan ini. Sementara itu, negara bagian lainnya di Australia masih butuh beberapa pekan untuk mencapai titik tersebut.