Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Breaking News : 1 Ramadan 1445 H Tiba Hari Selasa 12 Maret 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa hasilo musyawarah mufakat dengan para pakat falaqiyah, astronomi dan sejumlah ormas Islam di Indonesia menyapakati bahwa 1 Ramadan 1445 H/ 2024 tiba pada hari Selasa besok.

Hal ini karena berdasarkan laporan para tim hisab ruqyatul hilal yang disebar di 134 titik lokasi di seluruh Indonesia.

“Sidang isbat secara mufakat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445 H, jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024 M,” kata Gus Yaqut, panggilan akrab Menteri Agama dalam konferensi pers sidang Isbat di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Minggu (10/3) seperti dikutip Holopis.comFrama.

Dijelaskan Gus Yaqut, bahwa diketahui ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi minus 0 derajat / 20,2 menit sampai dengan 0 derajat / 52,09 menit. Dan sudut elongasi 2 derajat / 14,78 menit hingga 2 derajat / 41,84 menit.

Dengan kondisi ketinggian hilal tersebut, maka jelas pada hari Senin, 11 Maret 2024 tidak disepakati sebagai awal bulan Ramadan berdasarkan kesepakatan 4 (empat) anggota Mabims (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Lebih lanjut, Gus Yaqut juga memaparkan bahwa pemerintah menggunakan mekanisme sidang isbat dalam menentukan penanggalan qomariyah, yang salah satunya adalah penetapan 1 Ramadan maupun 1 Syawal.

Sehingga penetapan ini bukan otoritas pemerintah secara mutlak, melainkan hasil musyawarah mufakat dengan para pakar dan pihak yang dianggap memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam penetapan bulan ini.

“Menggunakan mekanisme sidang isbat untuk bermusyawarah dengan para pakar falaq, perwakilan astronomi, wakil rakyat, MUI dan perwakilan ormas-ormas islam di seluruh Indonesia,” paparnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru