Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Resep Sayur Asem Satir Ala Gibran : Pakai Asam Jawa Muda – Belimbing Sayur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka memberikan resep memasak sayur asem. Dengan kalimat satirnya, Gibran menjelaskan tahap demi tahap sajian khas Nusantara tersebut.

Pertama-tama cawapres nomor urut 2 tersebut menyampaikan tips untuk mendapatkan rasa asam yang kuat pada sebuah sajian sayur asem, yakni dengan gunakan asam jawa yang masih muda.

“Untuk memberikan rasa kecut yang enak pada sayur asem, gunakan asam Jawa muda. Pilih yang besar agar mendapatkan rasa asam yang kuat,” kata Gibran dalam cuitan di akun X (dulunya Twitter) pribadinya, yang dikutip Holopis.com, Selasa (20/2).

Sebagai alternatif asam jawa muda, Gibran menyebut rasa asam yang kuat juga bisa menggunakan potongan belimbing sayur ataupun perasan air asam jawa.

“Selain asam Jawa muda bisa dipakai belimbing sayur yang dipotong-potong atau air asam Jawa,” ujarnya.

Namun Gibran mengingatkan, untuk memasukkan air asam di paling akhir. Menurutnya, hal itu agar sayuran tidak menjadi alot karena sifat asam itu sendiri.

“Masukkan air asam terakhir agar sayuran tidak menjadi alot terkena rasa asam,” tuturnya.

Saat merebus sayuran untuk sayur asem, putra sulung Presiden Joko Widodo itu menyarankan agar memasukkan sayuran yang bertekstur terlebih dahulu, baru kemudian sayuran yang bertekstur lunak.

“Saat merebus sayuran untuk sayur asem, rebus sayuran yang keras lebih dulu, seperti jagung manis dan buah melinjo, baru tambahkan sayuran yang lebih lunak,” pungkasnya.

Tidak diketahui pasti maksud Gibran menulis resep sayur asem bernuansa satir tersebut. Namun belimbing sayur sendiri merupakan julukan yang kental akan pribadinya di masa-masa kampanye Pemilu 2024.

Selain itu, asam jawa muda juga dapat menggambarkan diri Gibran, yakni sosok anak muda kelahiran suku Jawa.

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru