BerandaNewsEkobizEkonomi Maluku Utara dan Sulawesi Tengah Tumbuh Tinggi Berkat Hilirisasi

Ekonomi Maluku Utara dan Sulawesi Tengah Tumbuh Tinggi Berkat Hilirisasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Maluku Utara dan Sulawesi Tengah menjadi pronvinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, dimana pertumbuhan masing-masing provinsi tersebut sebesar 20,49 dan 11,91 persen.

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, bahwa pertumbuhan ekonomi double digit yang dicatatkan oleh kedua Provinsi tersebut didorong oleh program hilirisasi nikel.

“Industrialisasi atau yang kita sebut dengan program hilirisasi nikel di kedua provinsi tersebut memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi,” kata Amalia dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (5/2).

Amalia menuturkan, industri pengolahan, pertambangan, dan penggalian, serta perdagangan menjadi tiga sektor utama sumber pertumbuhan di wilayah Pulau Sulawesi serta Maluku dan Papua.

Penerbit Iklan Google Adsense

Khusus untuk Sulawesi Tengah dan Maluku Utara, industri olahan tambang, terutama feronikel, masih menjadi sumber ekonomi terbesar di kedua provinsi tersebut.

Dari kinerja seluruh provinsi tersebut, Sulawesi mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,37 persen pada 2023. Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi di Maluku dan Papua tercatat sebesar 6,94 persen.

Meski mencatatkan pertumbuhan ekonomi tinggi, namun andil perekonomian Sulawesi, serta Maluku dan Papua terhadap produk domestik bruto (PDB) masih di bawah Pulau Jawa.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi Indonesia sejauh ini masih Jawasentris, dimana Pulau Jawa masih menjadi penyumbang ekonomi nasional.

“Kontribusi Pulau Jawa terhadap PDB saat ini tahun 2023 sebesar 57, 05 persen,” tukas Amalia.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS