Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Timnas Indonesia vs Jepang : Duel Penentuan Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia vs Jepang akhirnya tak hanya sekadar laga pamungkas Grup D saja, namun juga jadi duel untuk memperebutkan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023 melalui jalur runner-up grup.

Hal itu terjadi karena kedua tim sama-sama mengemas tiga poin di Grup D dengan sekali kemenangan. Tiga poin Timnas Indonesia sendiri didapat usai mengalahkan Vietnam, dengan skor 1-0 tanpa balas di laga kedua Grup D Piala Asia 2023.

Dalam pertandingannya di Abdullah bin Khalifa Stadium, pada Jumat (19/1) malam WIB, satu-satunya gol Timnas Indonesia ke gawang Vietnam dicetak Asnawi Mangkualam melalui titik putih di menit 42.

Hasil kemenangan itu membawa Timnas Indonesia naik ke posisi tiga, dan menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik. Sedangkan Vietnam dipastikan gugur meski masih punya kesempatan sekali bermain dan mencetak kemenangan.

Namun regulasi menyebut bahwa tim mana pun yang gagal meraih poin di dua laga awal grup, maka otomatis angkat koper dari Piala Asia 2023.

Berdasarkan aturan Piala Asia 2023 itu sendiri, disebutkan bahwa jika ada tim yang mengoleksi poin sama, maka penilaian terakhir diambil dari sisi head to head, dimana Vietnam sendiri sudah tumbang sebelumnya atas Jepang.

“Indonesia membutuhkan poin melawan Jepang pada hari Rabu untuk berada di fase gugur, sementara Vietnam akan bermain demi kebanggaan melawan Irak yang sudah lolos,” tulis pernyataan di laman resmi Piala Asia 2023, seperti dikutip Holopis.com.

Dengan begitu, pertandingan terakhir Vietnam kontra Irak dinilai tak mempengaruhi hasil apa pun.

Namun, bertenggernya Timnas Indonesia di peringkat tiga belum serta merta otomatis meloloskan skuad Garuda ke 16 besar, mengingat masih ada beberapa tim dari grup lain yang berkesempatan menyusul Timnas Indonesia.

Di sisi lain, Timnas Indonesia memiliki poin sama dengan Jepang, namun tim Samurai Biru ada di peringkat dua karena unggul selisih gol.

Terdamparnya Jepang di posisi dua klasemen itu sendiri akibat kekalahannya atas Irak, dengan skor 2-1. Dalam hal ini, Irak otomatis lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Sedangkan Timnas Indonesia dan Jepang masih akan memperebutkan tiket babak 16 besar jalur runner-up grup.

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Jepang tersebut akan digelar di Al Thumama Stadium, pada Rabu (24/1) mendatang. Jepang sendiri hanya butuh hasil imbang untuk mengunci tiket 16 besar via runner-up Grup D.

Kendati misalnya Timnas Indonesia kalah atas Jepang, skuad Garuda masih punya kans tembus ke 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik, dengan catatan skuad Garuda harus menekan seminimal mungkin hasil kekalahan atas Jepang.

Mengingat, kelolosan Timnas Indonesia melalui peringkat tiga terbaik masih ditentukan dari hasil laga dari grup lain.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Graham Arnold Hengkang dari Australia Usai Gagal Menang Lawan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Australia Graham Arnold resmi mundur dari Socceroos. Langkah tersebut kabarnya diambil selepas gagal meraih kemenangan atas Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia beberapa waktu lalu.

Hansi Flick Pasrah Barcelona Digilas Monaco

Barcelona harus puas menerima kekalahan atas AS Monaco di laga perdana fase grup Liga Champions musim 2024/2025, pelatih Hansi Flick pun pasrah menilik hasil mengecewakan tersebut.

China Open 2024 : Lolos ke Semifinal, Fikri/Daniel Sikat Wakil Denmark 2 Gim Langsung

Pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin lolos ke semifinal China Open 2024, usai sukses mengandaskan wakil Denmark di babak perempat final.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru