Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Keutamaan Shalat Dhuha dan Tata Cara hingga Doanya

Waktu dhuha adalah di saat terbitnya matahari hingga singsingnya menuju waktu dzuhur, atau sekira pukul 06.00 s/d 11.00 WIB.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu amaliyah yang sangat bermanfaat bagi kaum muslimin adalah shalat dhuha. Sebuah tuntutan syariat yang memiliki nilai hukum sunnah dan dikerjakan di waktu dhuha.

Waktu dhuha adalah di saat terbitnya matahari hingga singsingnya menuju waktu dzuhur, atau sekira pukul 06.00 s/d 11.00 WIB. Di mana umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan shalat 4 rakaat dua kali salam di waktu yang baik itu.

Keutamaan shalat dhuha ini pernah dibahas oleh Syekh Zainuddin Al Malibari dalam kitabnya yakni Fathul Mu’in. Yang mana diterangkan bahwa disunnahkan untuk melakukan tasbih di waktu petang dan pagi. Dalam qoul disebutkan kata Isyraq, yang dimaknai sebagai waktu dhuha.

ويسن الضحى لقوله تعالى “يسبحن بالعشي والإشراق” قال ابن عباس صلاة الإشراق صلاة الضحى. روي الشيخان عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : أوصاني خليلي بثلاث: صيام ثلاثة أيام من كل شهر، وركعتي الضحى، وأن أوتر قبل أن أنام

Artinya ; “Shalat dhuha disunahkan berdasarkan firman Allah SWT, ‘Bertasbih bersama dia di waktu petang dan pagi.’ Ibnu Abbas menafsirkan shalat isyraq adalah shalat dhuha. Bukhari-Muslim juga meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa ‘Rasulullah pernah berwasiat tiga hal kepadaku: puasa tiga hari dalam setiap bulan, shalat dhuha dua raka’at, dan witir sebelum tidur.’”.

Namun yang paling umum, fadhilah shalat dhuha antara lain ;

1. Diampuni segala dosa-dosanya,
2. Sedekah,
3. Dilapangkan rezeki, dan
4. Dinilai sebagai bukan bagian dari orang-orang yang lalai.

Tata cara shalat Dhuha

Shalat dhuha sebenarnya sama seperti shalat pada umumnya, yang membedakan adalah niatnya saja, dan ada dua surat khusus yang disunnahkan dibaca di dalam masing-masing rakaat.

Dalam melaksanakan shalat dhuha, umat Islam bisa mengerjakan hanya 2 rakaat dengan satu kali salam, atau bisa melakukannya dengan 4 rakaat dengan dua salam.

Untuk melaksanakan shalat ini, umat Islam seyogyanya menjalankannya dengan cara munfarid alias sendiri-sendiri, bukan dengan cara berjaamah. Karena shalat ini sifatnya adalah khusus seperti halnya shalat rawatib (qobliyah dan ba’diyah), shalat tahajud ataupun shalat hajat.

1. Baca niat shalat dhuha ;
أصلي سنة الضحى ركعتين لله تعالى

Artinya ; “Aku niatkan shalat dhuha dua rakaat karena Allah SWT”.

2. Takbiratul Ihram
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca surat pendek. Pada rakaat pertama dianjurkan membaca surat As-Syamsu
5. Rukuk
6. Bangun dari rukuk
7. Sujud
8. Duduk di antara dua sujud
9. Sujud kembali, kemudian bangkit dan lanjut ke rakaat kedua.
10. Ulangi dari nomor 3 – 8. Namun untuk surat pendek, di rakaat kedua dianjutkan membaca surat Ad-Dhuha.
11. Salam

Setelah itu, anda bisa melaksanakan dua rakaat kembali dengan urutan yang sama di shalat sebelumnya. Karena disunnahkan melaksanakan shalat dhuha sebanyak 4 rakaat dengan 2 salam.

Usai melaksanakan rangkaian shalat dhuha, sebaiknya lanjutkan dengan memperbanyak baca istighfar dan kalimat-kalimat dzikir untuk bermunajat kepada Allah SWT.

Selanjutnya adalah doa. Ada rangkaian doa khusus yang ditujukan untuk shalat dhuha, yakni ;
اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ
ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya ; “Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh”.

Itulah manfaat dan tata cara shalat dhuha sekaligus panduan doanya yang bisa dibaca usai melaksanakan shalat sunnah tersebut. Semoga bermanfaat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pentingnya Meneladani Sifat dan Karakter Rasulullah Muhammad SAW

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Rasulullah Muhammad SAW adalah sosok yang...

Maulid Nabi Muhammad SAW: Sejarah Kelahiran dan Perayaannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Maulid Nabi Muhammad SAW adalah salah...

Maulid Nabi 2024, Berikut Bacaan Barzanji Lengkap Beserta Latinnya

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada Senin, 16 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru