HOLOPIS.COM, JAKARTA – Viral di muka publik, sebuah girl band/grup musik kumpulan emak-emak berpakaian nyentrik bernama Mother Bank menggemparkan jagat musik Tanah Air.

Dipantau Holopis.com dari unggahan Instagram YouTube Yes No Wave Music, Minggu (23/7), nampak sekumpulan emak-emak kompak mengenakan pakaian berwarna pink dengan kerudung menjulang tinggi ke atas.

Selain itu, seluruhnya juga sama-sama mengenakan kaca mata hitam yang menambah gaya fasionnya semakin unik.

Ofisial musik video tersebut berjudul Jalan-jalan, yang merupakan salah satu lagu dari album Tanggung Renteng yang artinya ditanggung secara bersama.

“Melalui album ini Mother Bank membagikan pengalaman para perempuan sebagai nasabah bank keliling yang hidup bertahan dengan ‘gali lubang tutup lubang’, menyaksikan bagaimana lahan persawahan secara perlahan berubah menjadi pabrik-pabrik, antusiasme pemuda pemudi Jatiwangi yang berbondong-bondong menjadi buruh, ritual gajian para buruh membeli rocket chicken, upaya para perempuan memanfaatkan lahan dengan menanam” tulis deskripsi video.

“Hingga proses kolaborasi anggota Mother Bank dengan para perempuan pengrajin keramik dari satu desa di Borobudur, Magelang,” sambungnya.

Turut dijelaskan bahwa, Mother Bank itu sendiri merupakan bank eksperimental berbentuk bank keliling ‘bank emok’ di Jatiwangi, Majalengka yang diinisiasi langsung oleh kelompok riset artistik Badan Kajian Pertahanan.

“Membedakan diri dengan bank keliling pada umumnya yang mengenakan bunga cukup tinggi, bank ini dikelola secara bersama-sama dengan bunga pinjaman nol %,” tambahnya.

“Salah satu aktivitas keluaran dari Mother Bank adalah sebuah kelompok musik di mana para nasabah adalah personilnya. Menggunakan musik keramik yang dikenalkan oleh Jatiwangi art Factory, yang saat ini sudah menjadi musik tradisi di Jatiwangi, kelompok musik ini menyampaikan pengalaman para nasabah sebagai perempuan yang hidup di tengah perubahan lansekap wilayah Jatiwangi menuju wilayah industri manufaktur terbesar di Pulau Jawa,” tutupnya.

Hal ini pun turut diunggah pada akun Instagram @yesnowavemusic itu sendiri, hingga ada yang me-repost kembali seperti salah satunya oleh unggahan Instagram @infojawabarat.

Komentar netizen pun beragam dan cenderung lucu melihat aksi unik girl band emak-emak tersebut.

“Kerudungnya setinggi harapan bunda,” tulis komentar @utary_wijaya.

“Marilah kita bajukan bersama makmurkan desa bukan bayar bunga, pas di jalan keinget terus lirikny,” tulis komentar @situ.cileunca.

“Pasukan ema ema anti riba,” tulis komentar @_masfaren.