Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Survei IPN Capres 2024 Pilihan Rakyat : Prabowo Masih Tempati Peringkat Pertama

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga riset, Indikator Publik Nasional (IPN) baru saja merilis hasil survei mereka untuk mengukur beberapa aspek, khususnya peluang tokoh-tokoh nasional dalam kontestasi Pilpres 2024.

Menurut penjelasan dari peneliti senior IPN, Ike Sihotang, salah satu materi survei adalah mengukur elektabilitas nama-nama tokoh top of mind untuk menjadi calon Presiden di Pilpres 2024.

Beberapa nama yang muncul masih didominasi oleh 3 (tiga) nama besar, antara lain ; Prabowo Subianto yang masih berada di urutan tertinggi, kemudian ada Ganjar Pranowo di urutan kedua, dan Anies Rasyid Baswedan di urutan ketiga.

“Dalam simulasi tiga besar calon Presiden, Prabowo masih tidak bergeming di posisi pertama dengan perolehan dukungan 42,3%. Disusul oleh Ganjar Pranowo dengan 37,4% dan posisi ketiga oleh Anies dengan 17,96% dukungan, sementara hanya ada 3,3% yang mengaku belum punya pilihan sama sekali,” terang Ike dalam rilis survei seperti dikutip Holopis.com, Senin (9/7).

Selain variabel elektabilitas, Ike juga mengukur soal popularitas atau keterkenalan dan juga likeabilitas atau ketersukaan. Beberapa nama tokoh masuk ke dalam radar, namun tetap Prabowo Subianto masih berada di ranking tertinggi dari kedua variabel tersebut.

“Prabowo masih menempati peringkat pertama baik pada tingkat keterkenalan (popularitas) 91,7% maupun pada tingkat kesukaan (likeabilitas) 79,2% dari calon-calon Presiden yang dimunculkan dalam survei ini,” jelasnya.

Dalam variabel popularitas, posisi kedua ditempati mantan politisi Gerindra yang saat ini lompat pagar menjadi politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Salahuddin Uno dengan perolehan 90,7%. Disusul oleh Anies Baswedan dengan skor 82,1% dan podium keempat ada Ganjar Pranowo di skor 82,0%.

“Pada posisi kedua ditempati oleh Sandiaga Uno dengan 90,7% tingkat keterkenalan,” terangnya.

Namun untuk variabel likeabilitas atau ketersukaan, Prabowo berada di urutan pertama dengan skor 79,2%. Hanya saja posisi kedua bukan Sandiaga Uno, melainkan Anies Baswedan yang mendapat 60,7%.

Kemudian di urutan ketiga ada Ganjar Pranowo di skor 60,3%. Sementara variabel elektabilitas untuk Sandiaga Uno ada di angka 37,9% kalah dengan Ridwan Kamil yang mendapat 40,6% dan AHY (Agus Harimurti Yudhyono) di skor 38,4%.

“(Sandiaga) kalah dari Anies, Ganjar, Ridwan Kamil dan AHY pada tingkat kesukaan. Posisi ketiga dan keempat ditempati masing-masing oleh Anies dan Ganjar,” papar Ike.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru