Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2021, Bagaimana Sejarahnya?

JAKARTA,HOLOPIS.COM- Jika anda melihat Google doodle hari ini, anda akan melihat gambar beberapa tangan yang bergandengan dan mengepal ke atas. Ya, doodle tersebut adalah gambar dari perayaan “International Women’s Day” atau Hari Perempuan Internasional. Hari perempuan internasional sendiri dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 8 Maret 2021. Lalu bagaimana sejarahnya hingga dunia menyepakati tanggal jatuhnya hari yang didedikasi untuk merayakan perjuangan perempuan ini?
sumber: history.com
Perayaan ini dimulai pada tahun 1908 ketika ribuan perempuan melakukan demo di kota New York, Amerika Serikat untuk memperjuangkan hak standar upah dan pemangkasan jam kerja, dan hak untuk memberi suara dalam pemilu. Pada tahun 1909. Hari perempuan pretama mulai diberlakukan di Amerika Serikat. Pada tahun 1910, Konferensi Perempuan Pekerja Internasional atau International Conference of Working Women diberlangsungkan di Copenhagen, Denmark. Disitulah dimana gagasan diajukan ileh Clara Zetkin, yang saat itu pemimpin dari Women’s Office for the Social Democratic Party di Jerman. Lalu pada tahun 1911, hari perempuan internasional pertamakali diakui di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss pada tanggal 19 Maret. Diantara 1913 dan 1914, para perempuan di negara Rusia melaksanakan hari perempuan internasional mereka pada tanggal 23 Februari. Namun pada akhirnya, semua menyepakati bahwa tanggal 8 Maret serentak menjadi Hari Perempuan Internasional di seluruh dunia. Hari perempuan internasional dirayakan secara resmi oleh United Nations pada tahun 1975.
Hari Perempuan Internasional sendiri memiliki tiga warna khas, yaitu, ungu, hijau, dan putih. Ungu menggambarkan keadilan dan martabat, hijau berarti harapan dan putih menggambarkan kesucian. Warna tersebut berawal dari gagasan “Women’s Social and Political Union (WSPU)” di Inggris pada tahun 1908.
Tahun ini, hari perempuan international memiliki tema dengan tagar #ChooseToChallange dan #IWD2021.
Bagaimana di Indonesia sendiri? Apakah menurut anda masih banyak perempuan yang mengalami diskriminasi? Selamat Hari Perempuan Internasional untuk para perempuan di dunia, dan di Indonesia. Mari terus berjuang untuk hak para perempuan!(Bre)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru