HOLOPIS.COM, JAKARTA – Seperti diketahui, sebagian orang terkadang risih atau terganggu dengan noda menghitam yang muncul setelah mengalami luka, jerawat, habis dioperasi, atau tergores ketika cedera. Bekas luka ini idealnya bisa memudar seiring berjalannya waktu. Tapi, ada juga jenis luka yang meninggalkan bekas tak kunjung hilang.

Bekas luka terbentuk sebagai bagian dari proses penyembuhan alami setelah kulit cedera.
Ketika lapisan dalam kulit cedera, tubuh akan membentuk serat kolagen untuk memperbaiki kerusakan.

Ada beberapa cara untuk membantu memudarkan bekas luka ringan secara alami yang bisa dicoba, antara lain:

1. Pijat dengan minyak vitamin E

Kapsul vitamin E yang tersedia di toko obat atau apotek juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka.

Caranya, buka kapsul vitamin E, lalu oleskan minyak vitamin E ke bekas luka dan kulit sekitarnya. Pijat ringan selama 10 menit lalu biarkan selama 20 menit.

2. Gunakan masker madu

Cara menghilangkan bekas luka secara alami lainnya bisa dengan masker madu. Langkahnya cukup praktis. Sebelum tidur, oleskan sedikit madu ke perban atau kapas.

Lalu, tempelkan perban yang sudah diolesi madu ke bekas luka. Biarkan semalaman. Ketika bangun tidur, baru angkat masker madu dan bilas dengan air hangat.

3. Oleskan lidah buaya

Dilansir dari Healthline, lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan penghilang bekas luka alami.

Caranya cukup mudah. Anda tinggal mengupas kulit lidah buaya lalu ambil gelnya, lalu oleskan langsung ke bekas luka dengan gerakan melingkat.

Setelah setegah jam, bilas bekas gel lidah buaya dengan air dingin dan keringkan. Ulangi langkah ini setiap dua kali sehari sampai bekas luka pudar.

4. Pijat dengan minyak lavender dan zaitun

Minyak esensial lavender dan zaitun juga bisa digunakan sebagai penghilang bekas luka alami.

Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan satu tetes minyak esensial lavender ke dalam satu sendok makan minyak zaitun.

Pijatkan campuran minyak ini ke bekas luka selama lima menit. Biarkan meresap selama 30 menit. Baru bilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini tiga kali sehari.

5. Oleskan cuka sari apel

Cara menghilangkan bekas luka lainnya bisa memanfaatkan cuka sari apel. Caranya, siapkan campuran empat sendok makan air bersih dengan dua sendok makan cuka sari apel.

Celupkan kapas ke dalam larutan tersebut lalu oleskan pada bekas luka. Tunggu sampai kering, lalu biarkan semalaman. Cuci dan bersihkan bekas cuka sari apel di pagi hari.