BerandaNewsEkobizWapres Pastikan Ekonomi RI Cukup Baik Meski Rupiah Melemah

Wapres Pastikan Ekonomi RI Cukup Baik Meski Rupiah Melemah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin ikut angkat bicara terkait pelemahan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS.

Adapun diketahui, nilai tukar rupiah dalam beberapa terakhir terus megalami pelemahan. Namun pada Senin (24/6) sore, nilai tukar mata uang Garuda itu menguat 0,34 persen ke level Rp 16.384 per dolar AS.

Menurut Ma’ruf, pelemahan rupiah terjadi salah satunya karena pengaruh kebijakan di Amerika Serikat. Namun ia menilai, ekonomi Indonesia secara fundamental masih cukup baik.

“Walaupun begitu (rupiah melemah), kita masih cukup baik. Ekonomi kita cukup baik,” kata Ma’ruf dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (24/6).

Penerbit Iklan Google Adsense

Ma’ruf lantas menjelaskan, bahwa melemahnya mata uang terhadap dolar AS tidak hanya dirasakan Indonesia, tetapi juga dirasakan oleh sejumlah negara lain lantaran situasi global yang masih bergejolak.

Namun ia mengklaim ekonomi Indonesia masih cukup baik ketimbang negara tetangga, kecuali Thailand. Bahkan dengan Yen Jepang pun, posisi rupiah dinilainya cukup membanggakan.

“Kita memang menghadapi situasi global yang tentu tidak hanya dialami oleh Indonesia, tapi juga semua mata uang di dunia ini. Bahkan Euro pun mengalami penurunan,” ungkap Ma’ruf.

“Tapi posisi kita sekarang sudah naik. Kita di atas Malaysia sekarang, tapi di bawah Thailand saja. Tapi di atas Jepang, di atas Inggris posisi kita sekarang itu. Ini hal yang membanggakan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf menegaskan bahwa pemerintah tentunya tidak akan tinggal diam melihat nilai tukar rupiah yang melemah. Dia pun berharap, nilai tukar rupiah akan kembali bangkit.

“Intervensi terus dilakukan oleh Bank Indonesia, pemerintah, dan kita berharap bahwa kita bisa mengembalikan kepada nilai yang normal yang seharusnya kita harapkan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Harga Emas di Pegadaian Lagi Naik Nih, Yuk Cek Rinciannya

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Kamis 18 Juli 2024.

Kenyang Pullback, IHSG Diramal Bergerak Mendatar Hari Ini

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (18/7) diperkirakan bakal bergerak mendatar, setelah beberapa hari mengalami pullback.

Bos Pupuk Indonesia Akui Penyaluran Pupuk Subsidi Terlalu Ruwet

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi menyoroti tata kelola penyaluran pupuk subsidi, yang dinilainya terlalu rumit dengan banyaknya regulasi yang mengikat.

Mendag Klaim Kinerja Ekspor Lemah Imbas Penurunan Harga Komoditas Global

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan, pelemahan ekspor Indonesia yang terjadi pada periode Juni 2024 salah satunya disebabkan oleh penurunan harga komoditas secara global.

Bos BI Pede Ekonomi RI di 2024 Mampu Tumbuh hingga 5,5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo meyakini ekonomi Indonesia di tahun 2024 ini mampu mencatatkan pertumbuhan di rentang angka 4,7 hingga...

Bos BI Ramal Suku Bunga AS Bisa Turun Lebih Cepat

Bank Indonesia (BI) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve alias The Fed bisa lebih cepat menurunkan suku bunga acuannya.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS