BerandaNewsEkobizSepi Sentimen, IHSG Diproyeksi Melemah Hari Ini

Sepi Sentimen, IHSG Diproyeksi Melemah Hari Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal melemah pada perdagangan hari ini, Selasa (25/6), setelah sempat rebound pada perdagangan Senin (24/6) kemarin.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih menyampaikan, bahwa IHSG di pekan terakhir Semester I-2024 ini cenderung sepi sentimen dari dalam negeri.

Dia pun menyinggung perihal data ekonomi yang dirilis beberapa waktu lalu, salah satunya data perihal tingkat suku bunga Bank Indonesia atau BI-Rate, dimana data tersebut menjadi sentimen positif bagi daya beli masyarakat di sektor riil.

Namun di sisi lain, keputusan Bank Sentral Indonesia yang mempertahankan suku bunganya menjadi sentimen negatif bagi instrumen portofolio, yang memicu outflow di pasar obligasi dan saham.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Di sisi lain, ketidakpastian dari sisi fiskal telah dikonfirmasi oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bahwa defisit APBN di tahun 2024 tetap dibawah 3%. Target defisit APBN yang sama juga menjadi tolok ukur bagi pemerintahan yang baru,” ujarnya dalam rilis, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (25/6).

“Sementara, postur fiskal pada RAPBN 2025 telah disepakati oleh Pemerintah dan DPR. Nantinya, RAPBN tersebut akan disahkan pada sidang paripurna DPR di awal Juli mendatang,” tambahnya.

Dari Asia, S&P Global pada di awal pekan ini memproyeksikan pertumbuhan ekonomi India di tahun fiskal 2024 sebesar 6,8 persen. Sementara, untuk tahun 2026 dan 2027 ekonomi India akan berada di level 6,9 dan 7 persen. Optimisme tersebut seiring dengan proyeksi turunnya suku bunga Reserve Bank of India (RBI) dari posisi saat ini yang sebesar 6,5 persen.

“Di sisi lain, inflasi tahunan Singapura pada Mei 2024 naik ke level 3,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2,7 persen. Akselerasi inflasi senda dengan naiknya harga makanan, transportasi, serta sektor rekreasi dan budaya,” tuturnya.

Adapun pada hari ini, Ajaib Sekuritas merekomendasi sejumlah saham yang patut diperhatikan pada hari ini, diantaranya yakni MDKA, ENRG, dan ACES.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Bos Pupuk Indonesia Akui Penyaluran Pupuk Subsidi Terlalu Ruwet

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi menyoroti tata kelola penyaluran pupuk subsidi, yang dinilainya terlalu rumit dengan banyaknya regulasi yang mengikat.

Mendag Klaim Kinerja Ekspor Lemah Imbas Penurunan Harga Komoditas Global

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan, pelemahan ekspor Indonesia yang terjadi pada periode Juni 2024 salah satunya disebabkan oleh penurunan harga komoditas secara global.

Bos BI Pede Ekonomi RI di 2024 Mampu Tumbuh hingga 5,5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo meyakini ekonomi Indonesia di tahun 2024 ini mampu mencatatkan pertumbuhan di rentang angka 4,7 hingga...

Bos BI Ramal Suku Bunga AS Bisa Turun Lebih Cepat

Bank Indonesia (BI) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve alias The Fed bisa lebih cepat menurunkan suku bunga acuannya.

Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri DKI Jakarta Capai Rp 16,25 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Provinsi DKI Jakarta telah merealisasikan belanja Produk Dalam Negeri (PDN) sebesar Rp 16,25 triliun, selama periode Januari hingga 14 Juli 2024. Berdasarkan...

Bank Indonesia Putuskan Tahan Suku Bunga di Level 6,25 Persen

Bank Indonesia (BI) memutukan untuk mempertahankan suku bunga acuannya atau BI Rate di level 6,25 persen. Keputusan ini merupakan hasil dari Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI periode Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS