BerandaNewsPolhukamKemenlu : 155 WNI di Malaysia Terancam Hukuman Mati

Kemenlu : 155 WNI di Malaysia Terancam Hukuman Mati

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) RI mengungkapkan bahwa ratusan warga Indonesia yang berada di luar negeri terancam menjalani hukuman mati.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengungkapkan, setidaknya dari 165 warga yang terancam hukuman mati, 155 di antaranya berada di wilayah Malaysia.

Selain itu di Arab Saudi sebanyak 3 orang, Uni Emirat Arab 3 orang, Laos 3 orang, dan Vietnam 1 orang.

“Dari 165 kasus tersebut perlu didampingi dengan langkah-langkah yang terkoordinasi dari seluruh perwakilan kita, termasuk juga dengan kementerian/lembaga di pusat untuk memastikan para WNI mendapatkan haknya secara adil dalam sistem peradilan setempat,” kata Judha dalam pernyataannya beberapa waktu lalu seperti dikutip Holopis.com.

Penerbit Iklan Google Adsense

Judha kemudian tidak berbicara mengenai upaya lanjutan terhadap ratusan WNI yang terancam hukuman mati. Menurutnya, pemerintah sudah melakukan sosialisasi mengenai keputusan menteri luar negeri mengenai pedoman penanganan WNI yang terancam hukuman mati di luar negeri.

“Proses pedoman ini sudah dilakukan dalam proses yang panjang selama tiga tahun melalui kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dari akademisi, teman-teman LSM, dan media. Kita juga sudah lakukan uji publik terhadap pedoaman ini sebelum ditetapkan melalui keputusan menteri luar negeri,” ujarnya.

Oleh karena itu, Judha kemudian sebatas meminta seluruh pemangku kepentingan untuk berperan aktif dalam proses penanganan perlindungan WNI khususnya yang terancam di luar negeri.

Selain itu kolaborasi ini bukan hanya terkait dengan proses penanganan kasusnya saja tetapi juga terkait dengan langkah-langkah pencegahan.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tiga Orang Teroris Papua Tewas Ditembak TNI, Warga Lakukan Perlawanan

Petugas gabungan TNI Polri dikabarkan telah berhasil menembak mati tiga orang warga yang diduga anggota teroris Papua atau biasa disebut OPM (Organisasi Papua Merdeka).

Prabowo-Gibran Masih Bongkar Pasang Rencana Kabinetnya

Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa pihaknya belum menemukan komposisi pasti sosok yang akan mengisi kabinetnya mendatang.

Pegi Setiawan Tegaskan Gak Kenal Aep Saksi Kasus Vina Cirebon

Pegi Setiawan secara terang-terangan menegaskan bahwa dirinya memang tidak mengenali Aep selaku saksi mata kasus Vina Cirebon. Bahkan, Pegi juga merasa bingung mengapa Aep mengenali dirinya.

Walkot Semarang Mbak Ita Dicegah ke Luar Negeri, Jadi Tersangka KPK?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan tersangka baru kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah. Setidaknya ada tiga...

Ingat! Caleg Terpilih Belum Lapor Harta Kekayaan Tak Akan Dilantik

Calon anggota legislatif (caleg) terpilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak akan dilantik, apabila belum menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang Resmi Bebas Hari Ini

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang telah resmi keluar dari penjara, dan kembali menghirup udara bebas pada hari ini, Rabu (17/7).
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS