Puasa Arafah : Keutamaan, Niat, dan Sunnahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah, sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Dimana pada tahun 2024 ini, pelaksanaan puasa Arafah di Indonesia jatuh pada tanggal 16 Juni 2024.

Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam dan merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak sedang melaksanakan haji.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang keutamaan, niat, dan sunnah dari puasa Arafah.

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu dapat menghapuskan dosa-dosa selama dua tahun. Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: “صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ.” (رواه مسلم)

Terjemahan: “Dari Abu Qatadah r.a., Rasulullah SAW bersabda: ‘Puasa pada hari Arafah, aku berharap kepada Allah untuk menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim).

Ini menunjukkan betapa besar pahala dan keutamaan dari puasa Arafah, di mana Allah SWT memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk menghapuskan dosa-dosa selama dua tahun.

Niat Puasa Arafah

Niat puasa Arafah dilakukan di malam hari sebelum fajar atau bisa juga di pagi hari selama belum makan, minum, atau melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Niat ini cukup diucapkan dalam hati, namun bagi yang ingin mengucapkannya, berikut adalah lafaz niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Terjemahan: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala.”

Sunnah-Sunnah Puasa Arafah

Selain menunaikan puasa Arafah, ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan ibadah di hari Arafah:

1. Memperbanyak Dzikir dan Doa : Pada hari Arafah, dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan doa. Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. (رواه الترمذي)

Terjemahan: “Doa yang paling baik adalah doa pada hari Arafah, dan perkataan terbaik yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah: ‘La ilaha illallah wahdahu la sharika lahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli shay’in qadir.” (HR. Tirmidzi).

2. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an : Membaca Al-Qur’an dan merenungkan maknanya adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan di hari Arafah.

3. Bersedekah : Memperbanyak sedekah dan amal sosial lainnya juga sangat dianjurkan pada hari Arafah.

4. Shalat Sunnah : Menambah shalat sunnah, terutama shalat malam (qiyamul lail) dan shalat dhuha.

Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dengan keutamaan yang luar biasa, yaitu menghapuskan dosa selama dua tahun.

Melakukan puasa ini dengan niat yang ikhlas dan disertai dengan amalan-amalan sunnah lainnya akan semakin menyempurnakan ibadah kita di hari yang mulia ini.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Olimpiade Paris 2024 Resmi Dibuka, Api Balon Udara Menyala

Olimpiade Paris 2024 resmi dibuka dengan ditandai api menyala dari sebuah balon udara raksasa.

Anggota DPR Ujang Iskandar Ditangkap di Bandara Soetta, Kejagung: Korupsi di Pemkab Kobar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Tim Intelijen Kejaksaan Agung (Satgas SIRI) dan Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menangkap anggota DPR Ujang Iskandar, Jumat (26/7). Ujang...

Bareskrim Akan Periksa Benny Rhamdani soal Inisial T Pengendali Judi Online

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, bahwa pihaknya telah menjadwalkan agenda pemeriksaan kepada Kepala BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Benny Rhamdani.

Sahroni Anggap Erintuah Damanik Sakit Jiwa

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menganggap hakim PN Surabaya, Erintuah Damanik sakit jiwanya gegara memutuskan vonis bebas terhadap Gregorius Ronald Tannur dari tuntutan JPU atas kasus kematian Dini Sera Afrianti pada tahun 2023 lalu.

Prabowo Subianto Optimis Penguatan Kerja Sama dengan Perancis

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menekankan pentingnya peningkatan kerja sama, khususnya di bidang ekonomi dengan negara Perancis.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

Piala Presiden 2024 : Persija dan Madura United Kompak Kena Bantai

Laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2024 telah rampung seluruhnya, pada Jumat (26/7) sore hingga malam WIB. Diawali oleh Arema FC vs Madura United dan dilanjutkan Bali United vs Persija.