Senin, 17 Juni 2024
BerandaIslampadPuasa Arafah : Keutamaan, Niat, dan Sunnahnya

Puasa Arafah : Keutamaan, Niat, dan Sunnahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah, sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Dimana pada tahun 2024 ini, pelaksanaan puasa Arafah di Indonesia jatuh pada tanggal 16 Juni 2024.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Puasa ini memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam dan merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak sedang melaksanakan haji.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang keutamaan, niat, dan sunnah dari puasa Arafah.

Keutamaan Puasa Arafah

- Advertisement -

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar, yaitu dapat menghapuskan dosa-dosa selama dua tahun. Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: “صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ.” (رواه مسلم)

Terjemahan: “Dari Abu Qatadah r.a., Rasulullah SAW bersabda: ‘Puasa pada hari Arafah, aku berharap kepada Allah untuk menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim).

Ini menunjukkan betapa besar pahala dan keutamaan dari puasa Arafah, di mana Allah SWT memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk menghapuskan dosa-dosa selama dua tahun.

Niat Puasa Arafah

Niat puasa Arafah dilakukan di malam hari sebelum fajar atau bisa juga di pagi hari selama belum makan, minum, atau melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Niat ini cukup diucapkan dalam hati, namun bagi yang ingin mengucapkannya, berikut adalah lafaz niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Terjemahan: “Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah Ta’ala.”

Sunnah-Sunnah Puasa Arafah

Selain menunaikan puasa Arafah, ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan untuk menyempurnakan ibadah di hari Arafah:

1. Memperbanyak Dzikir dan Doa : Pada hari Arafah, dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan doa. Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. (رواه الترمذي)

Terjemahan: “Doa yang paling baik adalah doa pada hari Arafah, dan perkataan terbaik yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah: ‘La ilaha illallah wahdahu la sharika lahu, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli shay’in qadir.” (HR. Tirmidzi).

2. Memperbanyak Membaca Al-Qur’an : Membaca Al-Qur’an dan merenungkan maknanya adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan di hari Arafah.

3. Bersedekah : Memperbanyak sedekah dan amal sosial lainnya juga sangat dianjurkan pada hari Arafah.

4. Shalat Sunnah : Menambah shalat sunnah, terutama shalat malam (qiyamul lail) dan shalat dhuha.

Puasa Arafah merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dengan keutamaan yang luar biasa, yaitu menghapuskan dosa selama dua tahun.

Melakukan puasa ini dengan niat yang ikhlas dan disertai dengan amalan-amalan sunnah lainnya akan semakin menyempurnakan ibadah kita di hari yang mulia ini.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

6 Sunnah Saat Idul Adha

Dalam merayakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Amalan-amalan ini tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara sesama umat Muslim.

Begini Bacaan Niat Kurban untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ibadah kurban sarat akan nilai-nilai spiritual yang mendalam. Maka dalam melaksanakannya, niat menjadi kunci utama untuk meraih pahala dan kesempurnaan.

Sunnah Memotong Kuku dan Rambut Setiap Malam Jumat

Dalam Islam, menjaga kebersihan dan merawat diri adalah bagian dari ibadah. Salah satu amalan sunnah yang sering dilakukan oleh umat Muslim adalah memotong kuku dan rambut.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS