Selasa, 18 Juni 2024
BerandaNewsEkobizJelang Akhir Pekan, IHSG Diproyeksi Jaga Peluang Rebound

Jelang Akhir Pekan, IHSG Diproyeksi Jaga Peluang Rebound

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang untuk melanjutkan penguatan ke atas level psikologis 7.000 pada penutupan perdagangan saham pekan ini, Jumat 7 Juni 2024.

Jangan Lupa Berkurban !Cari Hewan Kurban Kuy Bareng Holopis.com

Menurut perusahaan berjangka Phintraco Sekuritas, penguatan tersebut ditopang oleh arahan positif positif dari mayoritas indeks global dan potensi penguatan nilai tukar mata uang Indonesia, Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

“Penguatan saham-saham bank di Kamis (6/6) sejalan dengan penguatan nilai tukar Rupiah ke Rp 16,255/USD (-0.15%),” tulis Phintraco dalam rilis hasil risetnya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (7/6).

Menurut Phintraco, pemangkasan sukubunga yang dilakukan oleh bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) yang sebesar 25 bps mendorong keberlanjutan penguatan indeks acuan bursa saham di Indonesia tersebut.

Adsense

Tak hanya itu, perubahan pandangan terhadap arah kebijakan bank sentral AS atau The Federal Reserve (the Fed) juga berpotensi mendorong berlanjutnya kecenderungan penguatan tersebut.

Berdasarkan jajak pendapat CME FedWatch Tools, peluang pemangkasan the Fed Rate di September 2024 berada di 56 persen pada Kamis kemarin. Atas hal itu, nilai tukar Rupiah pun berpeluang melanjutkan penguatan di hari ini.

Dengan demikian, saham bank, terutama bank-bank berkapitalisasi besar, seperti BBCA, BBNI, BBRI dan BMRI dapat kembali diperhatikan pada perdagangan hari ini.

“Saham-saham ini diperkirakan kembali menopang IHSG di Jumat (7/6),” tulis Phintraco.
.
Selain saham – saham bank, pasar juga dapat memperhatikan
peluang rebound lanjutan saham ULTJ, INTP dan NCKL pada perdagangan menjelang akhir pekan ini.

Sebagaimana diketahui, IHSG kembali rebound pada perdagangan Kamis (6/6) kemarin, setelah sebelumnya sempat terkapar hingga menyentuh level terendah selama perdagangan tahun 2024.

IHSG pada kamis kemarin tercatat naik tipis sebesar 0,39 persen atau 27,226 poin ke level 6.974,897, dimana pergerakannya berada pada rentang 6.939,54 – 7.032,57.

Di tengah IHSG yang mengalami rebound, sebanyak 290 saham mengalami kenaikan, 265 saham melemah, dan 230 saham lainnya dalam kondisi stagnan. Kemudian untuk kapitalisasi pasar pada perdagangan kemarin mencapai Rp 11.701,609 triliun.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Harga Emas Pegadaian Lagi-lagi Mandek, Segini Rinciannya

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), baik itu emas Antam maupun emas UBS kompak tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari Selasa 18 Juni 2024. 

Begini Pandangan Perantau soal Tapera, Jadi Beban Tambahan?

Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang dihadirkan oleh pemerintah sebagai salah satu solusi dalam meringankan pembiayaan perumahan bagi pekerja swasta masih menjadi perdebatan.

Idul Adha, Harga Daging Sapi di Pasar Anjlok

Sejumlah bahan pangan pokok, khususnya harga daging sapi murni mengalami penurunan harga pada momen perayaan Idul Adha 1445 Hijriah yang jatuh pada hari ini, Senin 17 Juni 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029

HOLOPIS FEEDS