BerandaDaerahJatim4 Rumah di Pacitan Hancur Terdampak Longsor

4 Rumah di Pacitan Hancur Terdampak Longsor

Lainnya :

HOLOPIS.COM, PACITAN – Sedikitnya tercatat empat rumah warga di wilayah Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, berantakan terdampak tanah longsor.

Bencana alam itu terjadi, diawali hujan deras yang berlangsung di wilayah tersebut, sejak malam sebelumnya hingga Senin pagi (1/4).

Ke empat desa di wilayah dataran tinggi pegunungan, yang tersebar di Kecamatan Kebonagung yang dihampiri bencana hidrometeorologi itu masing-masing Desa Plumbungan, Karangnongko, Kalipelus dan Klesem.

Sedangkan kerusakan yang ditimbulkan akibat terjangan material longsor bervariasi, mulai hancurnya teras rumah, tembok kamar tidur jebol, ruang tamu jebol serta berantakannya bangunan dapur.

“Ada beberapa rumah warga hancur tertimpa tanah longsor. Jalur antar desa tertutup material, hingga sempat terisolir sebelum dilakukan kerja bakti,” ujar Sugito, relawan wilayah Kecamatan Kebonagung dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Diterangkannya, sebelum terjadinya bencana alam itu di wilayah setempat tengah berlangsung hujan intensitas sedang hingga deras. Hujan di wilayah itu cukup lama, sehingga menyebabkan tanah longsor yang menimpa beberapa rumah penduduk.

Sedangkan warga yang rumahnya menjadi korban timpaan material longsor diantaranya milik Iksanudin, warga Desa Klesem, Tukadi dan Tukiman masing-masing warga Desa Kalipelus. Diantara kondisi kerusakan rumah, tempat tinggal Tukiman tergolong yang mengalami kerusakan berat.

Sejumlah tim penanggulangan bencana yang mendapat laporan langsung melakukan kegiatan kerja bakti. Secara gotong royong mereka membersihkan material longsor berupa bebatuan gunung, pepohonan, tanah lumpur dan kotoran lainnya.

Kegiatan kerja bakti menggunakan peralatan sederhana itu sempat menunggu hujan reda. Para petugas dari unsur BPBD, Tagana, Babinsa, Bhabinkamtibmas, relawan dan masyarakat setempat tidak berani melanjutkan kerja bakti lantaran terjadi hal buruk menimpanya.

Tidak terdapat laporan adanya korban jiwa maupun terluka akibat peristiwa itu. Juga tidak terdapat fasilitas umum berupa jaringan listrik, telepon, gedung sekolah, masjid dan Puskesmas yang terdampak.

Petugas kebencanaan setempat menghimbau agar warga masyarakat, khususnya wilayah Pacitan, diminta meningkatkan kewaspadaannya. Musim hujan di daerah pegunungan seperti Pacitan, memungkinkan terjadinya dampak negatif akibat cuaca.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Daftar Susunan Pemain Bayern Munchen vs Arsenal di Leg 2 Perempat Final Liga Champions

Daftar susunan pemain Bayern Munchen vs Arsenal untuk leg kedua babak perempat final Liga Champions telah resmi dirilis, berikut selengkapnya.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :