BerandaNewsRagamManfaat Jambu Biji, Kandungan Gizi dan Cara Mengolahnya

Manfaat Jambu Biji, Kandungan Gizi dan Cara Mengolahnya

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah jambu biji tidak hanya lezat, tetapi juga menyediakan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh kita. Apalagi, jambu biji dikenal kaya akan nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, berbagai jenis jambu biji, termasuk jambu biji merah, menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Berikut adalah penjelasannya.

1. Manfaat Umum Jambu Biji:

Jambu biji adalah salah satu buah di kawasan tropis yang menjadi sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, jambu biji juga memiliki serat yang sangat inggi. Serat merupakan aspek penting untuk menjaga pencernaan kita agar selalu sehat. Serat membantu mengurangi risiko sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Kemudian, Jjambu biji juga sangat kaya akan antioksidan seperti lycopene dan betakaroten yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Di samping itu, buah jambu biji juga memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Perbedaan antara Jambu Biji Merah dan Jenis Lainnya:

Jambu biji juga memiliki banyak sekali nutrisi, terlepas itu adalah jambu biji sutera, jambu biji merah dan sebagainya. Mereka memiliki kandungan yang cenderung sama sebagai bagian dari buah-buahan khas kawasan tropis seperti di Indonesia.

– Kandungan Nutrisi:
Meskipun semua jenis jambu biji menyediakan nutrisi yang penting, jambu biji merah cenderung mengandung lebih banyak likopen, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

– Warna dan Rasa:
Jambu biji merah memiliki warna merah cerah dan seringkali memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan jenis lainnya. Namun, perbedaan ini bisa bervariasi tergantung pada varietasnya.

– Kandungan Gizi dalam Jambu Biji:
Selain vitamin C, serat, dan antioksidan, jambu biji juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B, folat, kalium, dan magnesium. Berikut adalah daftar kandungan gizi yang umum ditemukan dalam 100 gram jambu biji:

Kalori: 68
Karbohidrat: 15 gram
Serat: 5 gram
Protein: 2 gram
Lemak: 1 gram
Vitamin C: 61.2 mg (102% AKG)
Vitamin A: 37 IU (1% AKG)
Kalium: 417 mg (12% AKG)

3. Referensi Olahan Jambu Biji:

Jambu biji tidak hanya bisa dinikmati segar, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Salah satu olahan populer adalah jus jambu biji. Berikut adalah beberapa resep yang bisa Anda coba:

Jus Jambu Biji Segar:

Campurkan jambu biji yang sudah dikupas dan dibuang bijinya ke dalam blender.
Tambahkan sedikit air dan es batu sesuai selera.
Blend hingga halus dan saring jusnya.
Tambahkan sedikit gula atau madu jika diinginkan.

Salad Buah dengan Jambu Biji:

Potong jambu biji, jeruk, apel, dan buah-buahan lainnya sesuai selera.
Campurkan dalam mangkuk besar.
Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu sebagai dressing.
Taburkan biji-bijian panggang untuk memberikan rasa gurih.

Selai Jambu Biji:

Rebus jambu biji bersama gula pasir dan air hingga lembut dan mengental.
Hancurkan jambu biji hingga halus menggunakan blender atau chopper.
Dinginkan selai sebelum disimpan dalam wadah kaca steril.

Dengan mengonsumsi jambu biji secara teratur, Sobat Holopis bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang beragam. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan buah segar ini ke dalam pola makan sehari-hari Anda!

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Ketindihan Tengah Malam? Kenali Gejala Sleep Paralysis

Ketindihan, atau yang dikenal juga dengan sebutan sleep paralysis, adalah pengalaman yang umum tetapi seringkali menakutkan yang terjadi ketika seseorang terbangun dari tidur tetapi tidak dapat bergerak atau berbicara.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :