Sidang Gugatan PHPU Ditunda Sampai Senin, Ini Agendanya

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sidang gugatan PHPU (perselisihan hasil pemilihan umum) hari kedua sudah selesai. Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menunda persidangan hingga hari Senin pekan depan.

Dalam agenda sidang lanjutan tersebut, majelis hakim akan mendengarkan keterangan saksi dan ahli dari pihak pemohon I yakni paslon nomor urut 01 Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Kepada pemohon I menghadirkan saksi dan ahli, maka persidangan hari ini ditunda sampai hari Senin, 1 April 2024 pukul 08.00 WIB di tempat Mahkamah Konstitusi,” kata hakim ketua Konstitusi, Suhartoyo seperti dikutip Holopis.com, Kamis (28/3).

Ia pun meminta agar pihak pemohon I hadir seperti biasa dan tepat waktu. Karena sidang hari ini yakni mendengarkan jawaban dan keterangan dari termohon KPU, pihak terkait, dan pemberi ketengan yakni Bawaslu sehingga pemohon I dan pemohon II dihadirkan bersamaan, maka pada sidang pada hari Senin pagi, yang diminta hadir adalah dari pemohon I.

“Para pihak supaya hadir kecuali pemohon nomor II karena ini sudah pemberitahuan resmi,” pungkasnya.

Hadirkan 4 Menteri Kabinet Indonesia Maju

Dalam kesempatan itu, pihak kuasa hukum pemohon I yakni Ari Yusuf Amir memohon agar majelis hakim MK menghadirkan 4 (empat) menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk didengarkan keterangannya. Antara lain ;

1. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati,
2. Menteri Sosial, Tri Rismaharini,
3. Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dan
4. Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

“Guna didengarkan keterangannya di persidangan ini, Yang Mulia,” kata Ari dalam permohonannya.

Terkait dengan permintaan itu, Suhartoyo menyampaikan bahwa hal itu akan dibicarakan lagi dengan internal majelis hakim MK apakah permintaan itu akan dipenuhi atau tidak.

“Iya, nanti kami bahas itu. 4 Menteri ya,” jawab Suhartoyo.

Sementara itu, kuasa hukum TPN Ganjar Mahfud, yakni Todung Mulya Lubis juga memohon agar majelis hakim MK untuk menghadirkan Menteri Sosial yakni Tri Rismaharini dan Menteri Keuangan Si Mulyani Indrawati.

“Paling tidak dua kementerian ini yang dianggap sangat penting dan sangat vital, dan kami mohon berkenan majelis hakim berkenan mengabulkan permohonan tersebut,” terang Todung.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Ivan Gunawan Kunjungi Masjidnya di Uganda, Langsung Didoakan Warga Lokal

Presenter dan desainer Indonesia, Ivan Gunawan akhirnya mengunjungi sebuah masjid yang ia bangun untuk masyarakat muslim di Uganda. Dalam cuplikan yang ia unggah, terlihat Ivan turun dari mobil berwarna hitam, dan langsung melihat masjidnya secara langsung.

TERPOPULER

Rekomendasi :

66 Pegawai KPK Pelaku Pungli Rutan Dipecat

66 orang pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terbukti terlibat pungutan liar di Rumah Tahanan Negara atau Rutan Cabang KPK Jakarta akhirnya dipecat.

PLN Targetkan Bangun 2.000 SPKLU yang Manfaatkan Tiang Listrik Tahun Ini

PLN EYE atau SPKLU yang memanfaatkan tiang listrik, ditargetkan akan dibuat sebanyak 2.000 unit tahun ini. Agar, memudahkan para pengguna kendaraan listrik.

Ada Diskon Tarif Kereta Api 20% Hingga Akhir April 2024

Diskon tarif kereta api kembali dihadirkan, PT KAI (Kereta Api Indonesia) yang berlaku sampai akhir bulan April 2024.

Warga Jakarta Diminta Hindari Kawasan Monas Hari Ini

Pihak kepolisian menghimbau kepada seluruh warga DKI Jakarta untuk sebisa mungkin menghindari kawasan Monas (Monumen Nasional) pada Senin (22/4).

Masyarakat Sipil Pakai Pelat Dinas TNI, Gayanya Melebihi Tentara

Kasus pelat dinas palsu yang dipakai warga sipil, sudah ditemukan sebanyak 20 kali oleh  Pusat Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia (Puspom TNI).