BerandaHiburanKulinerRESEP : Cakwe, Jajanan China yang Bisa Jadi Takjil Unik

RESEP : Cakwe, Jajanan China yang Bisa Jadi Takjil Unik

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Cakwe adalah camilan yang populer di Indonesia berasal dari China. Biasanya, cakwe adalah camilan tambahan untuk menemani makan-makanan berkuah, atau dicocol dengan saus pedas.

Namun Sobat Holopis bisa bikin cakwe sendiri di rumah dan jadi takjil untuk berbuka puasa. Dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, cakwe bisa dimakan begitu saja atau dengan berbagai saus.

Sobat Holopis juga tidak memerlukan bahan-bahan yang mahal atau sulit ditemukan.

Bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 250 ml air dingin
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Dalam mangkuk besar, campur tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder, dan baking soda. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  2. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk. Lanjutkan proses ini hingga adonan menjadi kalis dan bisa dibentuk.
  3. Tambahkan sedikit demi sedikit air hingga mencapai konsistensi yang tepat.
  4. Tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan istirahat selama sekitar 30 menit. Diamkan adonan ini membantu menghasilkan tekstur cakwe yang lebih empuk.
  5. Setelah adonan istirahat, ambil sebagian kecil adonan dan bentuk menjadi silinder panjang. Sobat Holopis bisa menggunakan tangan yang diolesi sedikit minyak untuk membentuknya agar tidak lengket.
  6. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng cakwe dalam jumlah yang cukup untuk tidak menumpuk. Goreng cakwe hingga kecokelatan di kedua sisi, sekitar 5-7 menit.
  7. Angkat cakwe yang sudah matang dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  8. Sajikan cakwe hangat sebagai camilan berbuka puasa.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Piala Asia U-23 2024 : Uzbekistan Sikat Malaysia 2-0 Tanpa Balas

Uzbekistan sukses melibas habis Malaysia di laga Grup D Piala Asia U-23 2024, dengan skor 2-0 tanpa balas.

TERPOPULER

Bosan 69, Coba Posisi Bercinta Angka 21

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Posisi bercinta 69 menjadi posisi favorit kebanyakan pasangan. Dengan posisi ini, masing-masing dari pasangan akan mendapatkan kenikmatan dalam waktu yang sama. Namun,...

Rekomendasi :