Polisi Bakal Kawal Pemudik Lebaran Pakai Motor di Pelabuhan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masyarakat yang akan mudik menggunakan kendaraan roda dua atau motor, akan mendapatkan pengawalan dari pihak Kepolisian. Bahkan, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan skema pengawalan.

“Kita akan melakukan pengawalan untuk saudara-saudara kita yang menggunakan roda dua, dilakukan secara berkelompok,” kata Aan Suhanan dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Selasa (26/3).

Pengawalan pemudik dengan motor, akan dilakukan di dua jalur penyeberangan perbatasan Pulau Jawa yakni Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

“Nanti dikawal oleh petugas sampai ke tempat tujuan ini berlaku untuk di penyeberangan Merak-Bakauheni kemudian di Ketapang-Gilimanuk,”jelas Aan.

Aan menyebut pihaknya juga akan menerapkan sistem penundaan perjalanan atau delaying system dan zona penyangga atau buffer zone. Skema rekayasa itu disiapkan dalam rangka antisipasi mengurai penumpukan antrean masuk pelabuhan.

Meski demikian, Aan tetap mengimbau masyarakat menghindari menggunakan sepeda motor saat mudik Lebaran 2024. Sebab, motor memiliki potensi kecelakaan yang tinggi di jalanan.

Dia mengimbau pemudik mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah dalam rangka mengurangi penggunaan sepeda motor. Menurutnya, motor bisa dikirim lewat truk-truk yang disiapkan oleh penyedia mudik gratis.

Seperti diketahui, motor jadi salah satu alat transportasi yang dipilih masyarakat untuk pulang kampung saat Lebaran 2024.

Namun, Polisi mengimbau agar masyarakat yang menggunakan motor saat mudik harus tetap menjaga keselamatan dengan tidak membawa barang yang berlebih.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Moeldoko : Saya Tidak Setuju TNI Berbisnis!

Kepala Staf Kepresidenen, Moeldoko menolak dengan keras salah satu poin dalam revisi UU TNI Polri.

Kapolri Perintahkan Anak Buah Bedah Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memilih untuk membongkar kembali perkara kasus pembunuhan Vina Cirebon yang sudah berumur 8 tahun lamanya. Evaluasi menyeluruh...

Ini Profil Lulusan Akpol Peraih Cum Laude yang Dilantik Jokowi

Presiden Jokowi telah melantik 247 Perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol)pada beberapa waktu lalu.

Menko Polhukam Tegaskan Transformasi Digital Bagi Polri Bukan Opsi, Tapi Keharusan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto menekankan, bahwa transformasi digital saat ini bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Terutama dalam meningkatkan partisipasi dan pengawasan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Polisi Amankan 4 Remaja Terlibat Tawuran di Karawang

Kepolisian Sektor (Polsek) Purwasari berhasil mengamankan 4 (empat) orang remaja yang terlibat dalam aksi tawuran di Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Olimpiade

BERITA TERBARU

LHKPN Ujang Iskandar, Anggota DPR NasDem yang Ditahan Kejaksaan Agung

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Ujang Iskandar ditangkap dan ditahan oleh Kejaksaan Agung RI terkait dengan tindak pidana korupsi di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kalimantan Tengah.